SERTIFIKASI DI TERNATE - TIDORE OLEH BBPSDMP MAKASSAR

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Makassar menyelenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG KOMUNIKASI UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA Kabupaten Tidore. Kegiatan tersebut sedianya akan dilaksanakan di Tidore, namun mengingat adanya keterbatasan akomodasi bagi peserta dan panitia, maka kegiatan dilaksanakan di Kota Ternate.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28-30 Agustus tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Kota Tidore, Drs. Halim Ahmad, M.Pd. Setelah memberikan sambutan mewakili Walikota TIdore, beliau memukul gong menandai dibukannya acara secara resmi.

Turut mendampingi dalam pemukulan gong tersebut adalah Kepala BBPSDMP Makassar, Ir. Ruslan Harun, MM. Selanjutnya dilakukan penyematan tanda peserta secara simbolis pada perwakilan peserta yang berasal dari Kota TIdore. Bapak Ir. Ruslan Harun, MM. sebalumnya juga telah berkenan memberikan arahan pada peserta sekaligus memotivasi peserta agar berhasil, tidak hanya dalam sertifikasi tetapi juga dalam menyingsong masa depan. Beliau memaparkan situasi dan kondisi terkini angkatan kerja di Indonesia untuk memberikan gambaran riil pada peserta akan tantangan dan peluang dalam industri digital.

Selain dua pejabat tersebut diatas, hadir pula dalam acara pembukaan adalah, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Kominfo Kota Tidore, Kepala Dinas Perindag Kota Tidore, dan Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA. MBA.

Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya berlangsung di The Batik Hotel Ternate untuk memastikan pelaksanaanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut.

Sesuai dengan Laporan Panitia, kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan SDM di Kota Tidore dan sekitarnya. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 60 orang hasil seleksi terhadap 120 orang calon. Sebagian besar peserta berasal dari kota Tidore dan Kota Ternate dengan latar belakang pendidikan lulusan SMK, D1, D2, dan D3 bidang TIK. Adapun Skema Sertifikasi yang tersedia adalah Junior Programming, Database Programming, Junior Networking, Junior Technical Support, Practical Office Advanced, Help Desk, dan Digital Imaging.


Pada hari pertama, peserta mengikuti bimtek dan selanjutnya dikelompokkan dalam forum diskusi tentang skema-skema sertifikasi bidang informatika. Pada hari kedua dilakukan uji demonstrasi dan wawancara. Sedangkan pada hari ketiga masing-masing peserta akan menerima pemberitahuan hasil rekomendasi.

Kesungguhan peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut dapat terlihat dari hasil rekomendasi kompeten yang diraih peserta mencapai 90%. Dalam acara penutupan peserta menyampaikan ucapan terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Makassar yang telah memfasilitasi kegiatan.

Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Ika Anggraeni, Galih Laksono, Santirianingrum Soebandhi, Dwi Christanto, Firman Ardiansyah. 90%


Kembali