SERTIFIKASI ANGKATAN KERJA MUDA KABUPATEN KOLAKA

Tag: Angkatan Kerja Muda   BBPSDMP Kominfo   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Provinsi Sulawesi Tenggara yang dikenal karena kekayaan tambang dan keindahan alam, kembali mendapat kesempatan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan sertifikasi yang diselennggarakan oleh BBPSDMP Kominfo Makassar.

Kagiatan yang bertujuan untuk memberikan pengakuan keahlian bidang informatika bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Kolaka tersebut diikuti oleh 90 orang peserta yang sebagian besar memiliki latar belakang pendidikan SMK.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 23 September hingga 27 September bertempat di Hotel Sutan Raja Kolaka,

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat besar, terbukti dari masih adanya calon peserta yang mendaftar sekalipun sesi pendaftaran telah ditutup. DIrencanakan kuota peserta adalah 80 orang, namun dengan pertimbangan antusiasme tersebut, jumlah kuota ditambah menjadi 90 orang.

TIdak hanya masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka pun sangat antusias dan menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Kolaka.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei,SH, MH, yang berkenan membuka acara ini sangat menyambut baik kegiatan ini. Beliau berpendapat bahwa adanya sertifikasi ini  memberikan banyak keuntungan bagi pemerintah, industri, maupun para tenaga kerja sendiri. Selain dapat meningkatan kualitas individu bidang informatika, kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani kebutuhan industri dan ketersediaan tenaga kerja terampil. Kedepannya beliau berharap industri dapat menyerap tenaga kerja yang kompeten dan dalam proses rekrutmen tidak perlu ada tes keahlian lagi karena mereka yang memegang sertifikat kompetensi dapat dipastikan telah memiliki keahlian. Dalam waktu dekat beliau juga akan mewujudkan berdirinya Politeknik di Kolaka untuk meningkatkan kualitas SDM.

Selain Bupati Kolaka, Narasumber lain adalah Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Bp. Ir. Ruslan Harun, MM. yang memaparkan tentang program kerja Kementerian Kominfo terkait dengan peningkatan kualitas SDM. Selain kegiatan bimtek dan sertifikasi reguler, Kementerian Kominfo juga menyediakan berbagai beasiswa dalam Program Digital Talent Scholarships. Beliau juga memaparkan tentang keberhasilan individu-individu bidang teknologi informasi yang saat ini menjadi pemimpin dalam digital ekonomi.

Narasumber lain adalah Kepala DInas Kominfo Kabupaten Kolaka, Muh. Arnan Amri, S.STP., M.SI. yang memberikan motivasi bagi angkatan kerja muda, sekaligus menyampaikan program kerja Diskominfo untuk membangun Kabupaten Kolaka. Selain Itu, Direktur LSP TIK Indonesia juga memberikan pembekalan dalam paparan tentang perkembangan sertifikasi profesi di Indonesia sekaligus pemahaman tentang SKKNI dan sistem sertifikasi nasional.

Seusai acara pembukaan, hari berikutnya dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh para instruktur informatika selama 2 hari. Pada hari ke-4 dan 5, peserta mengikuti proses sertifikasi, dengan pilihan skema: Junior Programming, Junior Networking, Junior Multimedia, Technical Support, Desain Grafis, dan Practical Office Advance. Sesuai dengan hasil konsultasi peserta terhadap pilihan skema tersebut, maka ditambahkan lagi satu skema pilihan yaitu DIgital Imaging sebagai alternatif dari Junior Multimedia..


LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto,Andrew Febrianto,  Asri Manggalawati, Muhammad Hamka, Rachmaniar Myrianda Dwiputri, Riza Habiby, Bima Indra Gunawan (93, JP, JN2-4, JM(DI)5-0, TS, DG, POA44-6, 89)

Kembali