PELATIHAN ASESOR ANGKATAN I DAN II - 2018

Tag: BNSP   Kerjasama   LSP - TIK Indonesia   Pelatihan Asesor   Perguruan Tinggi   Universitas  
Untuk memenuhi kebutuhan penambahan jumlah asesor seiring dengan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan sertifikat kompetensi dalam berbagai profesi di masyarakat, maka pada tanggal 2-6 Juli 2018 LSP TIK INDONESIA melaksanakan Pelatihan Asesor Kompetensi Angkatan I  dan II 2018 bertempat di LSP TIK Indonesia – Gedung AMD Center, Jl. Pucang Anom Timur 23 Surabaya.

Angkatan I pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Ramdan Hidayat, Ms. Wakil Rektor I Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur, mengingat bahwa 24 orang peserta adalah dosen di lingkungan UPN Veteran Jatim. Diharapkan dengan pelatihan ini para dosen dapat langsung diterjunkan untuk memperkuat jajaran asesor kompetensi yang telah ada. Master Asesor yang ditugaskan oleh BNSP adalah Triyogo dan Busmin Napitupulu. Pelatihan ini merupakan perwujudan sinergi antara UPN Veteran Jatim dengan LSP TIK Indonesia selaku mitra pendidikan yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM dosen dan lulusan perguruan tinggi.

Angkatan II Pelatihan Asesor Kompetensi terdiri dari guru SMK, dosen perguruang tinggi dan praktisi bidang TIK. Master Asesor yang ditugaskan oleh BNSP sebagai narasumber adalah Dra. Lisa Nathalia, MS. Ph.D dan Nurul Indah Susanti.
 
Materi pelatihan dalam proses pembelajaran calon asesor hari ke-1 hingga hari ke-4 mengacu pada pedoman BNSP meliputi: Standar Kompetesi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), konsep Competency Based Training (CBT), Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen (MMA), Mengembangkan Perangkat Asesmen (MPA), dan Mengakses Kompetensi (MAK).

Pada hari ke-5 dilaksanakan real asesmen atau proses sertifikasi asesor kompetensi yang bertujuan untuk menilai kompetensi para calon asesor. Proses tersebut dilakukan oleh Master Asesor BNSP.

Berkat kerjasama seluruh pihak yang mendukung maka keseluruhan kegiatan pelatihan baik Angkatan I dan Angkatan II dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai jadwal yang ditentukan.


Tim LSP TIK Indonesia: All.
(ES)
Kembali