Sertifikasi Angkatan Kerja Muda di Kolaka, Sultra

Tag:  

Kementrian Kominfo melalui Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Makassar mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK pada tanggal 16 - 20 September 2020
Kegiatan yang dikhususkan untuk angkatan kerja muda di Kabupaten Kolaka tersebut berlangsung di Hotel Sutan Raja, dan diikuti oleh sebanyak 61 peserta yang terbagi menjadi beberapa Skema Sertifikasi, yaitu: Basic Office Operator, Practical Office Advance, Junior Networking, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Web Programmer.
Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19, untuk memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Panitia BBPSDMP Kominfo juga menyediakan seminar kit yang termasuk “hand sanitizer” dan masker untuk tiap peserta. Selain itu, panitia juga memisahkan jarak antar peserta dan memisahkan dalam beberapa ruang pelaksanaan. Sebelum memasuki lokasi kegiatan, setiap orang wajib diperiksa suhu tubuh, serta disediakan hand sanitizer di pintu masuk dan setiap sudut ruang.
Dalam acara pembukaan hadir Asisten II Kab. Kolaka Mustajab,SE.,M.Si. mewakili Bupati.; Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar Ir. H. Ruslan Harun,MM; Kepala Dinas Kominfo Kab. Kolaka Muh Arnan Amry,S.STP.,M.Si, Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA., MBA., Para pejabat di Diskominfo Kab. Kolaka, dan Para pejabat BBPSDMP Kominfo Makassar.
Asisten II Kab. Kolaka dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini, sekaligus menekankan akan pentingnya kompetensi kerja. Beliau juga akan menyampaikan pada pimpinan usulan tentang persyaratan sertifikat kompetensi bagi staf pemda, khususnya di Kabupaten Kolaka. Adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa Kabupaten Kolaka memiliki arti penting dalam prioritas pengembangan SDM di Provinsi Sulawesi Tenggara. Seusai memberikan sambutan, beliau membuka kegiatan secara resmi. Sebagai salah satu pelaksana dalam Satuan Tugas Covid-19 Kab.Kolaka, beliau menghimbau seluruh peserta dan panitia untuk mematuhi protokol kesehatan.
Kepala Dinas Kominfo Kab. Kolaka Muh Arnan Amry,S.STP.,M.Si . dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Sertifikasi Kompetensi pada tahun 2020 ini merupakan yang kedua, setelah tahun 2019 lalu mencatat keberhasilan dengan banyaknya pemegang sertifikat yang diterima di beberapa OPD di Kabupaten Kolaka. Kegiatan Bimtek dan Sertifikasi SKKNI ini adalah salah satu perwujudan kerjasama dengan BBPSDMP Kominfo Makassar. Diharapkan
Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar Ir. H. Ruslan Harun,MM yang jugamemberikan sambutan, menyampaikan bahwa kabupaten Kolaka mendapat kepercayaan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan dengan salah satu pertimbangan adalah keberhasilan kegiatan yang sama pada tahun 2019. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang berbagai program Kementerian Kominfo terkait dengan pelatihan dan sertifikasi. Untuk tahun 2020 ini kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara online dan offline. Dalam paparan beliau, selanjutnya juga disampaikan tentang program kerja BBPSDMP Makassar, dan strategi untuk memperoleh keberhasilan dalam pelaksanaan bimtek dan sertifikasi ini.   
Di akhir kegiatan yang ditutup pada tanggal 20 September 2020, sebanyak 84% peserta berhasil membuktikan kompetensinya untuk skema yang dipilih. Sementara peserta lainnya perlu melakukan pendalaman materi lanjutan, untuk mencapai kompetensi.

Kembali