BBPSDMP MEDAN SELENGGARAKAN SERTIFIKASI BIDANG KOMUNIKASI DI KOTA. BINJAI

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   Komunikasi   LSP - TIK Indonesia   Perguruan Tinggi   Politeknik   Sekolah Tinggi   Sertifikasi   Universitas  

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan pada tanggal 25  – 27 Juli 2018 menyelenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG KOMUNIKASI UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA di Kota Binjai, Sumatera Utara. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Graha Kardopa, Kota Binjai. LSP TIK Indonesia ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan mengingat adanya skema-skema sertifikasi yang sesuai dengan tujuan pelaksanaan kegiatan ini.

Hadir dalam acara pembukaan kegiatan ini, Staf Ahli Walikota Binjai Bidang Pengembangan SDM dan Kemasyarakatan Kota Binjai, Ir. Efi Yuniman Mendrofa, Plh. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman, S.Sos, Kadis Kominfo Kota Binjai yang diwakili oleh Kabid IKP, Lindung Limbong, S.Sos, dan Direktur LSP TIK Indonesia Surabaya, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA. MBA.

Ir. Efi Yuniman Mendrofa yang mewakili Walikota Binjai menyampaikan terimakasih kepada BBPSDMP Medan - Kementerian Kominfo atas pelaksanaan kegiatan di Kota Binjai. Kegiatan ini memiliki arti penting karena memberi kontribusi besar dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dibidang TIK khusunya bagi para calon tenaga kerja. Era kamajuan teknologi TIK menuntut generasi muda yang handal dan siap pakai. Angkatan muda kota Binjai diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja sejalan dengan visi dan misi kota Binjai. Seusai memberikan sambutan, beliau secara resmi membuka kegiatan ini, sekaigus menyematkan tanda peserta.

Mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Budiman, S.Sos. memaparkan tentang kegiatan ini yang merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dalam mengimplementasikan Indonesia Kerja yang termaktub dalam NAWACITA. Teknologi TIK terus berevolusi menuju globalisasi digital serta menimbulkan perubahan dalam ketenagakerjaan. Hal ini merupakan tantangan SDM Indonesia. Melalui penerapan Permenkominfo 24 tahun 2015, sistem sertifikasi nasional Indonesia diharapkan dapat meningkatkan penghargaan atas keahlian khususnya bagi angkatan kerja muda. Fasilitasi Sertifikasi SKKNI ini merupakan bentuk tanggung jawab negara terhadap pengembangan SDM angkatan kerja muda agar mereka dapat meningkatkan kompetensi diri dan memiliki daya saing tinggi dalam mencari kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dalam kegiatan ini, peserta memiliki kebebasan untuk memilih skema sertifikasi sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya. Diantaranya adalah Junior Multimedia, Video Editing, Digital Imaging, Copywriting, Grafika Komunikasi, Infographic, dan Photography, Modelling Photography, Journalism Photography. Sebelum pelaksanaan sertifikasi, peserta terlebih dahulu mendapat kesempatan mengikuti bimtek dan diskusi tentang skema-skema sertifikasi bidang komunikasi.

Jumlah peserta sebanyak 58 orang berasal dari berbagai sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi di Kabupaten Binjai dan sekitarnya.

Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Dwi Christanto, Fachri Yanuar, Ika Anggraeni, Asri Manggalawati. 77%
(ES)

Kembali