UJI KOMPETENSI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Tag: LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi   SMK   Tempat Uji Kompetensi (TUK)  
LSP TIK Indonesia melaksanakan uji kompetensi bagi siswa SMK Muhammadiyah 2 Palembang dan Guru-Guru di lingkungan SMK Muhammadiyah 2 serta beberapa SMK lain di Kota Palembang.
Seluruh kegiatan tersebut berlangsung di TUK Surya IT yang telah terverifikasi sejak Maret 2018 untuk melaksanakan uji kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Pelaksanaan uji kompetensi dimulai pada tanggal 23 April, dan berakhir pada 25 April 2018 dengan skema sertifikasi Junior Multimedia dan Junior Networking bagi siswa SMK. Bagi guru peserta uji kompetensi, dapat memilih skema-skema yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Jumlah peserta tercatat 33 siswa untuk Junior Multimedia dan 59 siswa untuk Junior Networking. Sedangkan uji kompetensi guru diikuti oleh 20 orang.

Rangkaian kegiatan uji kompetensi dibuka secara resmi oleh Bp. Drs. Nursyal, MM. Pengawas dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Dalam sambutannya, Bp. Nursyal memberikan arahan dan motivasi pada siswa peserta uji kompetensi. Beliau menyampaikan bahwa Instruksi Presiden No.9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK mendorong seluruh SMK di Indonesia untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan kualitas dan daya saing SDM lulusan SMK. Tidak terkecuali di Palembang, dimana SMK Muhammadiyah 2 termasuk sekolah yang telah mengupayakan lulusannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi BNSP.

Bertindak selaku tuan rumah kegiatan,  Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Palembang, Ibu Yulia Andriani, S.E. Dalam arahan yang diberikan di depan para siswa beliau menyampaikan rasa syukur bahwa tahun ini sudah dapat menyelenggarakan kegiatan kerjasama atas kerjasama dengan LSP TIK Indonesia. Beliau berpesan pada siswa untuk memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal untuk memperoleh pengakuan kompetensi.
 
Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA. MBA. yang mendampingi para pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Palembang memaparkan tentang pentingnya memiliki Sertifikat Kompetensi untuk masuk ke Industri, khususnya dalam menghadapi persaingan-persaingan di dunia kerja. Adanya Revolusi Industri 4.0 mendorong setiap tenaga kerja untuk lebih kreatif mencptakan lapangan kerja mandiri atau masuk ke industry kreatif yang saat ini didorong oleh pemerintah.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, peserta telah terlebih dahulu mendapatkan pembekalan bimbingan teknis dari Tim TUK Surya IT. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas dari Komitmen Kepala Sekolah, Ibu Yulia Andriani S.E, dan kerja keras Tim TUK Surya IT yang mempersiapkan sarana, prasarana, sekaligus membimbing siswa mengikuti Uji Kompetensi yang pertama kali diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang.  


Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Asri Manggalawati, Indah Novriari, Firman Ardiansyah, Galih Laksono, Noven Indra Prasetya, Yusriel Ardian.

Tim TUK Surya IT - SMK Muhammadiyah 2 Palembang: M. Hafiz, Rian Novianti, Umi Fauziyah, Erik Febriansyah, Abdurrahman, Hendra Gunalan, Elsy Pratiwi Andiyani, Herman Abdullah.
(ES)


Back