PEMBENTUKAN TUK POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU (POLINDRA), JAWA BARAT

Tag: LSP - TIK Indonesia   Perguruan Tinggi   Politeknik   Sosialisasi   Tempat Uji Kompetensi (TUK)  

Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) secara resmi telah membentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) Informatika Polindra pada tanggal 11 Desember 2017 melalui kerjasama dengan LSP TIK Indonesia.

Pembentukan TUK ini merupakan program prioritas tahun 2017 yang telah direncanakan oleh Polindra untuk membekali lulusan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dalam bentuk Sertifikat Kompetensi sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendikbud No.81 Tahun 2014 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi Dan Sertifikat Profesi Perguruan Tinggi.

Sebagai TUK mandiri yang memiliki fungsi sebagai tempat pelaksana uji kompetensi dan fungsi pemasaran kegiatan sertifikasi kompetensi, TUK Informatika Polindra dapat menjalin kerjasama pelaksanaan uji kompetensi dengan industri, instansi pemerintahan, dan institusi pendidikan.
Proses pembentukan TUK ini diawali pada awal bulan Desember 2017 dengan diadakannya bimbingan teknis bagi calon pengurus TUK, dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual TUK. Dosen-dosen Teknik Informatika Polindra pada tanggal 7-8 Desember mendapat kesempatan untuk mengikuti Uji Kompetensi teknis bidang Pemrograman dan Jaringan Komputer.

Tanggal 12-13 Desember diadakan acara sosialisasi dan peresmian berdirinya TUK tersebut di lingkungan akademik Polindra sekaligus diserahkan secara resmi SK dan Sertifikat Lisensi TUK. Penyerahan dilakukan oleh Direktur LSP TIK Indonesia yang diterima langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Indramayu.
Di depan para dosen dan mahasiswa Polindra, dalam sambutan peresmian TUK, Direktur Polindra Casiman Sukardi, ST., MT menekankan tentang pentingnya lulusan politeknik memiliki Sertifikat Kompetensi sebagai bukti keahlian. Sertifikat Kompetensi merupakan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi.

Seusai peresmian, acara dilanjutkan dengan sosialisasi melalui paparan Direktur LSP TIK Indonesia tentang pentingnya sertifikasi kompetensi dan TUK. Dalam sesi tanya jawab, terungkap antusiasme dosen dan mahasiswa yang menyambut baik pendirian TUK ini. Pertanyaan-pertanyaan dari para dosen mahasiswa berkaitan dengan proses uji kompetensi, skema sertifikasi, dan sertifikat kompetensi.

Susunan kepengurusan TUK Informatika Polindra adalah: Direktur Polindra Casiman Sukardi, ST., MT (Penasehat); Ir. Muhammad Lukman Sifa (Ketua TUK); Munengsih Sari Bunga, S.Kom., M.Eng (Kabag Manajemen Mutu); Nyoman Yos Valetta, ST.(Kabag Teknis Operasional Uji);  Adi Suheryadi, ST. MT  (Kabag Pemasaran); Erika Candrasari (Kabag Adm&Keu); Dan Anggota Ririn Herliyanti, A.Md, Moh. Ali Fikri, S.Kom, Sukandar, A.Md.

Tim LSP TIK Indonesia: Soetarmo, Edwin Surjosaptanto, Sherly Febriani, Andrew Febrianto.
(ES)

Back