RAKOR SDM BIDANG KOMINFO DI MAKASSAR, SULAWESI SELATAN

Tag: Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Pameran   Rapat Koordinasi   Sosialisasi  
Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar pada tanggal 14 September 2017 menyelenggarakan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pengembangan SDM Bidang Komunikasi dan Informatika. Tema dari acara tersebut adalah “Menuju Angkatan Kerja Muda Yang Berdaya Saing”. LSP TIK Indonesia selaku salah satu mitra kerja dalam pelaksanaan sertifikasi SKKNI bagi angkatan kerja muda hadir untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan sertifikasi kompetensi di wilayah Indonesia Timur.

Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Melia Makassar dan dihadiri oleh para pejabat tinggi dilingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, para pejabat Kepala Dinas Kominfo dari berbagai wilayah kabupaten/kota di Indonesia Timur, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan para pejabat/staf BBPPKI Makassar.

Acara dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, yang pada kesempatan tersebut memberikan gambaran tentang perkembangan industri bidang komunikasi dan informatika. Dalam sambutannya juga disampaikan tentang Peta Okupasi bidang Informatika berikut tantangan-tantangan serta solusi yang dibutuhkan untuk  penerapannya.

Staf Ahli Menteri Kominfo bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya DR. Ir. Lala M. Kolopaking, MS memaparkan tentang inovasi TIK: Teknologi dan Ekosistemnya. Masih banyak daerah di Indonesia yang tertinggal dari sisi teknologi maupun informasi, terutama desa-desa 3T (terluar, tertinggal dan terdepan). Dibutuhkan komitmen bersama untuk membangun sehingga daerah-daerah tersebut dapat berkembang.

Kepala BBPPKI Makasar selaku tuan rumah menyampaikan apresiasi kepada para undangan sekaligus juga beliau memaparkan kegiatan pengembangan SDM yang telah dilaksanakan BBPPKI berikut capaian-capaiannya. Kerjasama dengan pemda-pemda di Indonesia Timur terus dikembangan melalui kemitraan dan fasilitasi kegiatan-kegiatan.

Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyampaikan tentang fasilitas-fasilitas dan pelatihan-pelatihan yang dimiliki.  

Direktur LSP TIK Indonesia yang juga sebagai pembicara dalam acara tersebut memaparkan materi tentang SKKNI, sertifikasi, dan profil LSP. Selain itu juga disampaikan kerjasama antara LSP TIK Indonesia dengan BPPKI Makassar khusunya dalam pelaksanaan Sertifikasi SKKNI Bagi Angkatan Kerja Muda di wilayah Indonesia Timur.

Sebagai penutup, dilakukan tanya jawab antara peserta undangan dengan para narasumber untuk mengetahui kondisi terkini di daerah Indonesia Timur dan mencari solusi guna pengembangan SDM bidang komunikasi dan informatika.

Tim LSP TIK Indonesia (Mohammad Soetarmo, Edwin Surjosaptanto, Sherly Febriani, Suprayogo Nurdiansyah)


Kembali