SERTIFIKASI KOMPETENSI BIDANG KOMUNIKASI DI KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  
Pada tanggal 28 – 31 Agustus 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia menyelenggarakan Sertifikasi Nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)  Bidang Komunikasi Bagi Angkatan Kerja Muda.

Kegiatan yang diselenggarakan di Favehotel Garut tersebut diikuti oleh 76 orang peserta lulusan SMK, D1, D2, D3, dan S1 bidang komunikasi yang berasal dari Kabupaten Garut dan Kabupaten/Kota Tasikmalaya.  Klaster yang diujikan dalam kegiatan ini meliputi: Junior Multimedia, Video Editing, Grafika Komunikasi, Digital Imaging, Copywriting, Infographic, dan Photography.

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra,  Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi Prof. Dr. Gati Gayatri, MA., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Drs. H. Nurdin Yana, MH.,  Kepala Bidang Literasi Komunikasi Pusbang Litprof Kominfo Ricky H. Paat,  Direktur LSP TIK Indonesia Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA, MBA., Pejabat dan Staf di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Asesor LSP TIK Indonesia, dan seluruh peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Anggota Komisi I DPR RI, Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia untuk bersaing di era pasar bebas. Perkembangan teknologi  informasi dan komunikasi yang membawa banyak perubahan-perubahan membutuhkan kesiapan SDM Indonesia. Beliau menyampaikan pesan agar seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin, dan berharap peserta bisa memperoleh sertifikat keahlian yang dapat digunakan untuk memperluas kesempatan bekerja. Seusai memberikan sambutan dan motivasi pada peserta, Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra secara resmi membuka kegiatan sertifikasi tersebut.

Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA. dalam sambutannya menjelaskan bahwa jumlah penduduk Indonesia lebih dari 250 juta jiwa atau hampir setengah jumlah penduduk negara-negara lain dalam ASEAN. Bonus demografi tersebut tidak akan memberikan keuntungan tanpa adanya perbaikan kualitas SDM. Salah satu aspek penting yang perlu disiapkan adalah SDM yang kompeten. Kementerian Kominfo sebagai leading-sector pembangunan bidang Kominfo mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM di bidang ini sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan ketrampilan tenaga kerja. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pengembangan SDM berbasis Standar Kompentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Drs. H. Nurdin Yana, MH., dalam sambutan mewakili Pemerintah Kabupaten Garut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi Kementerian Kominfo yang telah menyelenggarakan kegiatan sertifikasi guna peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Garut, khususnya di bidang komunikasi.
Dalam pelaksaaan kegiatan sertifikasi ini, 76 peserta terbagi menjadi 7 klaster dengan rincian: Junior Multimedia (4 orang), Video Editing (13 orang), Grafika Komunikasi (10 orang), Digital Imaging (27 orang), Copywriting (12 orang), Infographic (2 orang) dan Photography (8 orang).

Kesan-kesan peserta setelah mengikuti kegiatan:
1. Neng Helmi Hilmiah (SMKN 1 Garut): “ Terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh kementerian Kominfo untuk mengikuti kegiatan ini sehingga dapat menambah ilmu…”
2. Fajar Guniawan (SMKN 2 Garut): “Semoga kegiatan sertifikasi lebih sering diadakan di Garut…”
3. Helmi Dzulfikar (Univ. Siliwangi Tasikmalaya): “Senang mendapatkan pengalaman untuk mempraktekkan keahlian…”
4. Intania Sintiani (STT Garut): “Bangga dan bersyukur mendapat pengalaman untuk persiapan kerja…”

(Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Andrew Febrianto, Sherly Febriani, Deval Agrifarman, Riza Habibi, Maulana Rizki, Adrianto S.Wiyono, Firman Ardiansyah)
Kembali