SERTIFIKASI SKKNI DI BUKITTINGGI - SUMBAR

Tag: Angkatan Kerja Muda   BBPSDMP Kominfo   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

BBPSDMP Kominfo Makassar menyelenggarakan fasilitasi Bimtek Dan Sertifikasi Berbasis SKKNI bagi Angkatan Kerja Muda di Bukittinggi Sumatera Barat pada tanggal 27-31 Agustus 2019.

Bertempat di Grand Royal Denai Hotel, seluruh kegiatan berlangsung dengan jumlah peserta 60 orang yang berasal dari Kota Bukitinggi, dan beberapa kabupaten di Wilayah Sumatera Barat. Latar belakang pendidikan peserta adalah lulusan SMK, D1, D2, D3 bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda untuk memperoleh sertifikat kompetensi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bukitinggi Bp.H. Irwandi, SH. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada BBPSDMP Medan atas dipilihnya Bukittinggi sebagai kota tempat penyelenggaraan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut.

Beliau mengatakan bahwa tanpa kemampuan menguasai TIK akan berat untuk bersaing yang tidak hanya secara lokal tetapi juga secara nasional. Dengan adanya kegiatan ini beliau berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini  maksimal. Peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan mampu bersaing dengan angkatan kerja lainnya, serta mampu menciptakan lapangan kerja yang baru sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Seusai meberikan sambutan, beliau menyematkan tanda peserta secara simbolis pada perwakilan peserta.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto yang juga memberikan sambutan dan paparan, secara khusus menyampaikan bahwa penyelenggaraan Bimtek dan fasilitasi sertifikasi SKKNI bagi angkatan kerja muda  ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo untuk meningkatkan kemampuan angkatan kerja muda dibidang keahlian, ketrampilan dan pengetahuan TIK, Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi ini secara merata sudah dilaksanakan sejak kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.  Kementerian Kominfo berupaya untuk bisa mensejajarkan bangsa dengan negara maju dan mengejar ketertinggalan dalam menghadapi cepatnya perkembangan revolusi teknologi komunikasi.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian pelaksanaannya, dimana selama tiga hari pertama, peserta mendapat bimtek yang dipandu oleh instruktur dan Politeknik Negeri Padang, dan pada hari ke-empat dan ke-lima peserta masuk dalam sesi uji kompetensi.

Adapun skema sertifikasi yang diujikan adalah Junior Networking, Junior Programming, Junior Technical Support, dan Desain Grafis.


LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Deval Agrifarman, Galih Laksono, Fachri Yanuar, Harjono, Firman Ardiansyah (60,JN24-5, JP5-9, JTS6-0, DG8-3, 72)

Kembali