SERTIFIKASI PUSBANG PROSERTI KOMINFO DI GORONTALO

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia  

Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang Informatika di Gorontalo. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 5 - 9 Agustus 2019 di Hotel Maqna, Bone Bolango, Gorontalo.

Tujuan dari kegiatan pelatihan dan sertifikasi SKKNI ini untuk membantu angkatan kerja muda di Gorontalo untuk membantu angkatan kerja muda lulusan S1, D4, dan D3 bidang Kominfo, untuk memperoleh sertifikat kompetensi di bidangnya.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., secara resmi membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Nasional Berbasi SKKNI bidang Kominfo bagi Angkatan Kerja Muda Gorontalo. Beliau menyampaikan arti penting kompetensi dalam dunia kerja.

Hadir dalam acara pembukaan Selain Kapusbang Proserti, juga Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sukri Botutihe. Beliau menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Kominfo atas terselenggaranya kegiatan ini di Gorontalo. Beliau berpendapat bahwa mahasiswa yang telah lulus dari kampusnya harus ada masa tenggang waktu untuk diisi kegiatan peningkatan kompetensi kerja sebagai persiapan menghadapi dunia kerja.

Narasumber yang dihadirkan adalah Bp. Mujiono Sadikin, praktisi dan akademisi Informatika dari Universitas Mercubuana. Beliau memaparkan tentang sumber daya manusia TIK dan revolusi industry 4.0. Selain menyampaikan tentang tantangan talenta TIK di era revolusi industry 4.0 juga disampaikan pentingnya sertifikasi kompetensi untuk memenuhi kelengkapan memasuki dunia kerja.
“SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) skema Junior Networking dan Networking yang nanti Anda ikuti pelatihan dan uji sertifikasinya ini sudah disusun berdasarkan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) bidang TIK sehingga skema sudah sesuai dengan kebutuhan kompetensi di dunia kerja.”

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi dilaksanakan selama 5(lima) hari di Gorontalo ini diikuti oleh 76 peserta dengan skema sertifikasi Junior Networking dan Networking. Dipandu oleh Tim Instruktur dari ASPIPTI peserta mengikuti pelatihan sesuai dengan skema yang dipilih. Selanjutnya selama 2 hari terakhir peserta menjalani uji kompetensi oleh tim Lembaga Sertifikasi Nasional (LSP) TIK dari Surabaya.


LSP TIK Indonesia: (76, JN48-15, N5-8, 70)

Kembali