BBPSDMP KOMINFO MAKASSAR SELENGGARAKAN SERTIFIKASI DI JAYAPURA

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia  

Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Bagi Angkatan Kerja Muda Bidang Informatika oleh BBPSDMP Makassar untuk wilayah Indonesia Timur, pada bulan Agustus 2019 dilaksanakan di kota Jayapura, Papua. Diselenggarakan di hotel Horison Jayapura dengan peserta sebanyak 60 orang lulusan SMK, D1, D2, dan D3 bidang Informatika.

Pada tanggal 5 Agustus 2019 dilaksanakan acara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala BBPSDMP Makassar Ir. H. Ruslan Harun, MM.,  Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM.,  Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Bington Nainggolan., Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Djoni Naa., dan GM PT Telkom Jayapura.

Dengan didampingi Kepala BBPSDMP Makassar dan pejabat Pemerintah Kota Jayapura,  Wawali Kota Jayapura membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan penabuhan Tifa. Dalam sambutan mewakili Walikota, Wawali memaparkan bahwa Pemerintah Kota Jayapura saat ini terus mengalami pertambahan penduduk. Tenaga kerja kita dituntut harus berkualitas dan  memiliki sertifikasi keahlian. Karena akan menjadi persoalan jika tenaga kerja kita tidak mampu bersaing. Kegiatan ini memiliki nilai sangat penting sehingga seluruh peserta dituntut untuk serius mengikutinya. Saat ini, Pemkot Jayapura ini sudah mengelola sistem Smart City, sehingga segala bentuk pelayanan harus semakin transparan dengan sistem online. Karena itu, peserta dituntut untuk penguasaan teknologi komunikasi dan informasi sehingga memudahkan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Ir. H. Ruslan Harun, MM, dalam sambutan menjelaskan, Pemerintah melalui Kemenkominfo selain melaksanakan program SKKNI juga menginisiasi program beasiswa Digital Talent Scholarship (DTS) sejak 2018 lalu. SKKNI ini merupakan program prioritas Kemenkominfo yang dimulai 2012 termasuk juga Vocational School Graduate Akademi (VSGA) sebagai salah satu program prioritas Badan Litbang SDM Kemenkominfo yang diselenggarakan oleh BBPSDMP Kominfo Makassar.

BBPSDMP Kominfo Makassar pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan SKKNI di 10 lokasi, dimana Kota Jayapura adalah penyelenggaraan yang ke 7. Dari seluruh kegiatan yang terlaksana tingkat pencapaian kualifikasi kompeten bervariasi mulai dari 50 sampai 92 persen dengan rata-rata di atas 70persen.
Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menkominfo Nomor 19 Tahun 2017 tentang organisasi dan tata kerja unit pelaksana teknis bidang pengembangan SDM Kominfo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang Informatika, khususnya di dunia industri Informatika nasional dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya.

Setelah bimbingan teknis selama 2 hari yang dipandu oleh instruktur  yang ditugaskan oleh BBPSDMP Makassar, Uji Kompetensi dilasanakan pada tanggal 8 dan 9 Agustus dengan skema sertifikasi Junior Networking, Junior Programming, Junior Multimedia, Desain Grafis, Junior Technical Support, Help Desk, dan Practical Office Advance.

Pada hari Jumat setelah seluruh rangkaian kegiatan sertifikasi selesai, panitia melaksanakan acara penutupan yang diisi penjelasan tentang rangkuman hasil bimtek dan sertifikasi, serta dorongan motivasi dari BBPSDMP kepada seluruh peserta untuk terus bersemangat dalam menempuh karir di bidang Informatika.


LSP TIK INDONESIA: (60, HD0-1, JP1-7, JN6-0, JM2-1, POA15-6, JTS2-4, GD3-2, PO10-0, 65)

Dirangkum dari berbagai sumber.

Kembali