SERTIFIKASI NASIONAL BIDANG ANIMASI - KEMENTERIAN KOMINFO

Tag: Hacked By Tn.Error404 || KELELAWAR CYBER TEAM   Kementerian Kominfo   Komunikasi   LSP - TIK Indonesia  

Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Animasi diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 16-20 Juli 2019 di Hotel Gran Dhika Pemuda Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., yang menyampaikan laporan kegiatan memaparkan bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 76 orang yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Kota Semarang dan sekitarnya.  Skema Sertifikasi yang diujikan adalah 3D Character Design dan Motion Graphic 2D. Disampaikan juga informasi tentang Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertifikasi (SIMONAS), dimana sistem ini dapat diakses oleh peserta sertifikasi yang telah memiliki sertifkat Kompetensi BNSP. Melalui SIMONAS, pemegang sertifikat kompetensi BNSP dapat terhubungkan dengan dunia industri yang membutuhkan SDM bidang IT.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kominfo, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A., membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Sumber daya manusia bidang teknologi informatika dan komunikasi menjadi yang paling dibutuhkan di era revolusi industry 4.0. Kementerian Kominfo melalui Badan Litbang SDM, memberikan kesempatan kepada angkatan kerja muda bidang TIK di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Tengah ini, untuk meningkatkan nilai kompetensinya. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia bidang IT, Balitbang SDM Kominfo juga menggelar Digital Talent Scholarship bagi talenta TIK Indonesia.

Sekretaris Dinas Kominfo Jawa Tengah, Dra. Ratna Dewajati, MT., yang mewakili Kepala Dinas Kominfo Jawa Tengah, mengharapkan angkatan kerja muda bidang TIK yang bergelut di Animasi dan Multimedia bisa mengurangi tingkat pengangguran di kalangan lulusan D3 dan S1 di Provinsi Jawa Tengah dengan menggelar dunia kerja kreatif.

Setelah dibuka secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian paparan dari praktisi di bidang industri animasi, Moh. Rif'an, Supervisory Board AINAKI. Moh. Rif'an menyampaikan materi tentang "Industri Animasi di Era Revolusi Industri 4,0"

Rangkaian acara dalam Pelatihan ini yaitu 3 (tiga)  hari pelatihan diberikan oleh tim Instruktur dari Asosisasi Pengusaha Independen Peranti Lunak Telematika Indonesia (ASPIPTI) dan 2 (dua) hari uji sertifikasi oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia.

Ka. Sie Sumber Daya Kehumasan dan Komunikasi Public, Dra. Dyah Widyastuti,  secara resmi menutup acara Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Animasi pada hari Sabtu, 20 Juli 2019. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Selamat kepada pada para peserta yang telah Kompeten mengikuti pelatihan berbasis SKKNI bidang Animasi ini. Bagi yang belum kompeten jangan berkecil hati, agar terus berusaha agar bisa SDM yang kompeten bidang Animasi.”

Dalam Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Animasi di Kota Semarang ini tingkat kelulusan sebesar 77 % dengan rincian 60 peserta Kompeten dan 16 peserta Belum Kompeten.


LSP TIK Indonesia : Ika Anggraeni, Fachrul Kurniawan, Maulana Rizky, Riza Habibi, Deval Agrifarman, Firman Ardiansyah (76, 3DCD, MG2D, 77)

Sumber berita: https://proserti.kominfo.go.id/press-release/detail/81/fasilitasi-pelatihan-dan-sertifikasi-nasional-berbasis-skkni-bidang-animasi-di-kota-semarang

Kembali