UJI KOMPETENSI DI KOTA PALOPO, SULAWESI SELATAN

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Program Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi BBPSDMP Makassar untuk bulan Juni 2019 dilaksanakan di Kota Palopo pada tanggal 17 - 21 Juni 2019.  Pelaksanaan kegiatan bertempat di Value Hotel Palopo dengan peserta berjumlah 60 orang berasal dari angkatan kerja muda lulusan SMK, D1, D2, dan D3 yang berlatar belakang pendidikan bidang TIK.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, yang mewakili Walikota Palopo. Beliau memaparkan bahwa kompetensi adalah satu hal penting yang harus dimiliki tenaga kerja untuk bersaing di dunia kerja. Pasar kerja nasional maupun internasional menuntut tersedianya tenaga kerja yang kompeten. Angkatan kerja di Palopo diharapkan memiliki sertifikat kompetensi untuk dapat mengisi pasar kerja tersebut. Angakatan kerja muda harus memiliki kemampuan, keahlian, dan ketrampilan sebagai bekal menghadapi persaingan.

Sebelumnya, Kepala BBPSDMP Makassar juga menyampaikan tentang pentingnya kompetensi kerja bagi seseorang. Beliau menyampaikan arahan dan semangat bagi peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh hasil yang terbaik.

Selanjutnya, Direktur LSP TIK Indonesia menyampaikan tentang pentingnya sertifikasi kompetensi di era industri 4.0 dan gambaran skema-skema yang akan diujikan bagi peserta. Adapun skema-skema yang diujikan meliputi: Junior Programming, Junior Networking, Junior Technical Support, Practical Office Advance, dan Graphic Design.

Selama tiga hari pertama peserta mendapat bimtek yang dibimbing oleh instruktur yang ditunjuk oleh Dinas Kominfo Palopo dan BBPSDMP Makassar. Materi bimtek ditekankan pada pendalaman bidang-bidang yang sesuai dengan skema sertifikasi.

Hari Kamis dan Jumat, dilaksanakan uji kompetensi oleh LSP TIK Indonesia.

Pada Hari Jumat dilaksanakan seremonial penutupan acara oleh BBPSDMP, sekaligus penyerahan sertifikat kehadiran peserta.


LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Deval Agrifarman, Ika Anggraini Rahmawati, Firman Ardiansyah, Sherly Febriani, Asri Manggalawati, Rania Shani (60,JP2-1,JN7-1,JTS3-0,POA25-1,GD4-2,PO14-0.92)


 

Kembali