FASILITASI SKKNI PUSBANG PROSERTI DI JOGJAKARTA

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   Komunikasi   Perguruan Tinggi   Politeknik   Sekolah Tinggi   Sertifikasi  

PusatĀ  Pengembangan Profesi dan Sertifikasi (Pusbang Proserti) menyelengarakan Sertifikasi bagi angkata kerja muda di Yogyakarta pada tanggal 29-30 Maret 2019. Kegiatan ini dikhususkan untuk bidang komunikasi, dengan skema sertifikasi 3D Character Design dan Motion Graphic 2D. LSP TIK Indonesia yang memiliki skema-skema sertifikasi tersebut menjadi pelaksana kegiatan.

Acara pembukaan kegiatan dilaksanakan pada tangal 26 Maret di Sahid Rich Hotel, Yogyakarta. Hadir dalam acara pembukaan tersebut diantaranya: Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA. Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo; Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., Kepala Pusbang Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo, Para pejabat Kementerian Kominfo dan Pemerintah Provinsi DIY, Praktisi/Akademisi Desain Grafis dan Multimedia, serta perwakilan dari AINAKI Yogyakarta.

Secara resmi Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo membuka kegiatan setelah sebelumnya memberikan arahan dan motivasi bagi seluruh peserta.
Sebelum dilaksanakan kegiatan sertifikasi, peserta telah terlebih dahulu mendapatkan pendalaman materi pada tangal 26 dan 28 Maret yang dipandu oleh instruktur yang ditugaskan Kementerian Kominfo. Seusai pelatihan, peserta wajib mengikuti sesi Pra asesmen untuk memastikan bahwa peserta memahami materi uji dan siap untuk diuji.

Selanjutnya pada tangal 29 dan 30 barulah dilaksanakan uji kompetensi dengan metode observasi-demonstrasi dimana seluruh peserta harus mempraktekkan ketrampilannya, dan dilanjutkan dengan uji pertanyaan lisan untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang memadai sesuai dengan tugas profesinya. Diakhir sesi tanya jawab masing-masing peserta mendapat penjelasan hasil rekomendasi dari uji kompetensi.

Antusiasme dan kedisiplinan peseserta memberikan hasil keseluruhan yang cukup baik. Seluruh kegiatan ditutup secara resmi pada tanggal 30 Maret 2019 di Sahid Rich Hotel Yogyakarta.

LSP TIK INDONESIA: Ika Anggraeni, Adrianto Sugiarto Wiyono, Mahendra Wibawa, Riza Habibi, Maulana Rizki, Wahyu Andreas, Sherly Febriani, Nestia Febriyani (76.3DCD17-9.MG2D44-6.81)

Kembali