BBPSDMP KOMINFO MEDAN SELENGGARAKAN UJI KOMPETENSI DI DELI SERDANG

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   Komunikasi   LSP - TIK Indonesia   Perguruan Tinggi   Politeknik   Sertifikasi   SMK  

BBPSDMP Kominfo Medan memulai kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Berbasis SKKNI Bagi Angkatan Kerja Muda tahun 2019, untuk wilayah Deli Serdang dan sekitarnya tanggal 26-30 Maret 2019.

Acara pembukaan dilaksanakan di Grand Sakura Hotel, Medan pada tanggal 26 Maret 2019, yang dihadiri Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid; Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto M.Si; Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA, MBA; Para Instruktur dari Politeknik Negeri Medan dan Universitas Sumatera Utara.

Rangkaian acara pembukaan diawali, Ketua Panitia Abdul Rahman Harahap S.Sos. M.Si, yang melaporkan tentang kegiatan Bimtek dan Fasilitasi tersebut, diikuti oleh 60 orang peserta yang berlatar belakang pendidikan SMK, D1, D2, dan D3 bidang Informatika. Peserta berasal dari Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kabupaten Binjai, dan kota/kabupaten lain di sekitarnya.

Selanjutnya, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto M.Si. Menyampaikan arahan pada peserta terkait kegiatan tersebut, sekaligus memberikan gambaran tentang tantangan serta peluang angkatan kerja muda, serta kebijakan-kebijakan dan upaya Kementerian Kominfo mendorong peningkatan kualitas angkatan kerja muda.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Dalam arahannya, beliau menyampaikan tentang kondisi demografi di Indonesia, dimana Indonesia akan memiliki bonus demografi yang memiliki potensi besar dalam persaingan di dunia. Selain itu juga disampaikan tantangan-tantangan yang dihadapi serta peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia. Indonesia harus menyiapkan SDM yang berkualitas untuk berkarya dan bersaing di dunia.  Optimisme tentang Indonesia Emas 2045 juga dipaparkan untuk memberikan gambaran serta semangat bagi angkatan kerja muda. Pada tahun 2045 diharapkan Income perkapita meningkat delapan kali lipat dibandingkan saat ini dan Indonesia masuk dalam lima besar Negara di dunia dengan ekonomi terkuat. Beliau menekankan pentingnya kerja keras, disiplin, dan produktivitas.

Dalam sesi pemaparan tentang sertifikasi, Direktur LSP TIK Indonesia menyampaikan tentang latar belakang pelaksanaan sertifikasi, SKKNI, serta pentingya sertifikasi kompetensi dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Selain itu, peserta juga mendapat gambaran tentang proses uji kompetensi beserta skema-skemanya.

Uji Kompetensi oleh LSP TIK Indonesia dilaksanakan pada tanggal 29-30 Maret 2019 dengan Skema Sertifikasi Junior Programming, Junior Networking, Graphic Design, dan Junior Technical Support.

Sebelum pelaksanaan uji kompetensi, peserta wajib mengikuti Pra asesmen untuk memastikan bahwa peserta memahami materi uji dan siap untuk diuji. Dalam pelaksanaan uji kompetensi seluruh peserta wajib hadir dan mengikuti seluruh sesi yang telah dijadwalkan. Adapun hasil rekomendasi kompeten/belum kompeten disampaikan secara langsung pada peserta di sesi akhir setelah pemeriksaan bukti-bukti hasil pekerjaan dan tanya jawab.

Seluruh kegiatan berakhir pada tanggal 30 Maret dan ditutup secara resmi oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan.

LSP TIK INDONESIA: Andrew Febrianto, Anang Kukuh Adisusilo, Deval Agrifarman, Firman Ardiansyah, Fachri Yanuar (60.JN4-7.JP4-7.GD17-13.JTS4-4.48)

Kembali