150) ? true : false">
Beranda
Profil
Skema Sertifikasi
Informasi
Jadwal Kegiatan
Sertifikasi
Pelatihan
Tempat Uji Kompetensi (TUK)
Penawaran | Kerja Sama
Asesor Kompetensi
Pelatihan Asesor
Sertifikasi
Sertifikat
Berita
Kontak
Operator Komputer
Practical Office Advanced
Klaster
Level 2
6 unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.004.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi pengolah kata dibuka.
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen disimpan ke direktori
Dokumen yang tersimpan dibuka
Menyesuaikan pengaturan dasar untuk memenuhi tata letak dokumen
Tata letak halaman konvensi diatur untuk memenuhi kebutuhan.
Format Font disesuaikan dengan tujuan dokumen
Keselarasan dan jarak baris diubah sesuai persyaratan informasi dokumen
Margin disesuaikan dengan tujuan dokumen
Mengatur dokumen
Fitur pemformatan dan gaya sesuai kebutuhan pengguna digunakan
Teks dari area lain disalin ke dalam dokumen atau dari dokumen lain yang aktif
Halaman dokumen disisipkan sesuai kebutuhan pengguna.
Header dan footer dibuat sesuai kebutuhan dokumen
Dokumen disimpan dalam berbagai tipe berkas.
Membuat tabel
Tabel standar disisipkan ke dalam dokumen.
Sel untuk memenuhi persyaratan informasi diubah.
Kolom dan baris dimodifikasi
Menu pemformatan digunakan sesuai dengan persyaratan kebutuhan pengguna
Menambahkan gambar
Gambar yang sesuai dimasukan ke dalam dokumen.
Ukuran dan posisi gambar diubah untuk memenuhi kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Dokumen dalam modus pratinjau cetak ditampilkan.
Pengaturan cetak dasar dipilih
Dokumen atau bagian dokumen di cetak dari printer
J.63OPR00.005.2
Menggunakan perangkat lunak lembar sebar (Spreadsheet) tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi spreadsheet dibuka
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen ditambahan data sesuai kebutuhan informasi
Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya digunakan sesuai dengan formatnya.
Fitur-fitur pengelolaan file/spreadsheet digunakan sesuai dengan Kriteria.
Berbagai format standar penyimpanan format file digunakan sesuai dengan formatnya
Melakukan editing sederhana atas kolom dan baris
Fitur-fitur pengubahan (editing) sederhana diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang ada
Fitur-fitur kolom dan baris diaplikasikan sesuai kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur copy, cut dan paste diaplikasikan dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Formula sederhana diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Bagian yang ingin dicetak ditentukan.
Berbagai parameter pencetakan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur pencetakan diimplementasikan berdasarkan kebutuhan pengguna
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
Mempersiapkan perangkat lunak presentasi
Perangkat lunak presentasi dipastikan telah terinstalasi dan dapat berjalan normal.
Petunjuk penggunaan perangkat lunak Presentasi sudah disediakan.
Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan manual instalasi.
Perangkat lunak presentasi dijalankan.
Membuat file presentasi
Menu-menu yang tersediakan beserta shortcutnya dikenali.
Fitur-fitur pengelolaan file presentasi dapat digunakan, seperti: create/new, save, open, save as, insert, edit dan delete.
File presentasi dapat disimpan dengan berbagai format standar.
Melakukan editing sederhana
Fitur-fitur editing sederhana digunakan untuk mengolah file presentasi.
Fitur-fitur lay-out (tata letak) diaplikasikan untuk file presentasi.
Fitur-fitur isian berulang di-setting, seperti: header, footer, page numbering.
Menggunakan template presentasi
Template yang sudah tersedia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Paragraph styles digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Font styles dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan gambar untuk presentasi
Obyek gambar pada dokumen dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dihapus sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Gambar dari file dapat dimasukkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Posisi obyek gambar dalam dokumen dipindah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mencetak file presentasi
File presentasi dicetak sebagai slide dengan berbagai ukuran serta parameter pencetakan.
Fitur-fitur dasar pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
Menjalankan presentasi
File presentasi dijalankan secara slide show.
Navigasi dilakukan dari satu slide ke slide lain.
J.63OPR00.011.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat lanjut
Menggunakan template pengolah kata
Template dokumen yang sudah tersedia pada aplikasi pengolah kata dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen baru dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna
Membuat mail merge
Perbedaan antara dokumen surat dan dokumen data dapat diketahui oleh pengguna.
Dokumen data dikelola sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dokumen surat dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Fungsi mail merge digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat style and themes
Teks yang ingin diformat dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Menu style dipilih sesuai dengan keinginan pengguna.
Style dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat daftar isi otomatis
Judul daftar isi dituliskan sesuai kebutuhan pengguna
Kalimat dimasukan sesuai heading
Kalimat diubah sesuai heading
Dokumen awal dan akhir dibuat berdasarkan jenis penomoran
Membuat format kolom
Jumlah kolom dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Modifikasi awal dan akhir kolom dibuat.
Membuat referensi dokumen
Indeks footnote dimasukan sesuai dengan posisi.
Keterangn footnote dituliskan sesuai kebutuhan pengguna.
Indeks sitasi dimasukan sesuai posisi dokumen.
Keterangan pustaka ditambahkan.
Mengelola objek
Jenis objek ditentukan sesuai kebutuhan pengguna.
Objek dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
Melacak dokumen
Dokumen original disiapkan.
Menu pelacakan dokumen dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
J.63OPR00.012.2
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut
Mengidentifikasi cell yang akan diolah
Cell dan cell range dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Kesalahan pemilihan cell dan cell range diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan formula pada lembar kerja
Fungsi formula diimplementasikan sesuai dengan kriteria.
Formula yang salah (error) diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan fungsi
Fungsi-fungsi built-in yang tersedia pada aplikasi lembar sebar diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan fungsi.
Sintak fungsi diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang digunakan.
Fungsi-fungsi tertentu diaplikasikan sesuai dengan fungsi.
Kesalahan penulisan sintak diperbaiki sesuai dengan ketentuan penulisan sintak.
Menggunakan filter
Langkah-langkah pengurutan data (sorting) diidentifikasi sesuai dengan kaidahnya.
Pengurutan data dilakukan sesuai dengan sasaran pengurutan.
Filter diaplikasikan sesuai dengan target data yang digunakan.
Auto filter diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pengelompokan data.
Menggunakan grafik (chart )
Jenis-jenis grafik/chart diidentifikasi sesuai dengan formatnya masing-masing.
Grafik diimplementasikan dalam spreadsheet sesuai dengan data.
Objek dalam grafik diatur sesuai dengan parameter yang diinginkan.
Sumber data diubah sesuai kebutuhan.
Paramater chart ditambahkan sesuai kebutuhan.
Mengintegrasikan berkas spreadsheet
Fitur ekspor diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Fitur import/insert diimplementasikan sesuai format fitur tersebut
Berkas atau sheet lainnya diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
J.63OPR00.013.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat lanjut
Menggunakan tabel dalam slide
Tabel dibuat dari menu yang tersedia dengan perangkat lunak presentasi.
Banyaknya kolom dan baris dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Kolom dan baris dihapus sesuai kebutuhan pengguna.
Kolom dan baris disisipkan sesuai kebutuhan pengguna.
Tinggi dan lebar kolom dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Menggunakan grafik (charts) dalam slide
Grafik dibuat dengan input data dari file lain.
Bentuk grafik dipilih dari menu yang tersedia.
Bentuk grafik diubah sesuai kebutuhan pengguna.
Judul grafik dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Judul grafik diubah sesuai kebutuhan pengguna.
Label data dari grafik dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Background warna dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Menampilkan slide dengan animasi
Animasi dipilih dari fasilitas yang tersedia.
Waktu untuk animasi diatur sesuai kebutuhan pengguna.
Urutan animasinya diubah.
Melengkapi slide dengan fitur tambahan.
Slide dilengkapi dengan hyperlinks.
Slide ditampilkan dengan fasilitas view modes.
Merancang template presentasi
View modes dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Posisi elemen template ditentukan sesuai dengan rancangan.
Template diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mengelola objek
Objek diidentifikasi.
Slide dilengkapi dengan fasilitas video dan audio.
Slide dapat dibuat video secara otomatis.
Menyesuaikan jenis berkas slide
Fitur ekspor diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Fitur import/insert diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Berkas atau slide lainnya diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Biaya
Rp 700,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait
Jenis skema
Klaster
Level
2
Total unit
6
Panduan
Download
Dilihat sebanyak
533
DAFTAR
Ada Pertanyaan?
Segera hubungi kami, dengan senang hati kami melayani Anda.
Hubungi