Tahap pendaftaran
Sertifikasi di LSP TIK Indonesia

Tahapan Sertifikasi

Simak tahapan berikut untuk memulai sertifikasi di LSP TIK Indonesia

Pelajari Materi
Skema Kompetensi

Pelajari detail pada modul Panduan di masing-masing Skema Sertifikasi. Dapat akses di halaman Skema Sertifikasi

Isi Panduan Skema Sertifikasi:

  • Latar Belakang
  • Persyaratan Dasar Pemohon Sertifikasi
  • Hak Pemohon Sertifikasi dan Kewajiban Pemegang Sertifikat
  • Persyaratan Sertifikasi
  • Proses Sertifikasi
  • Rincian Unit Kompetensi

Jadwal dan Lokasi
Sertifikasi

Pilih Salah satu Jadwal yang tersedia untuk mengikuti Pra Asesmen. Selanjutnya, mohon tunggu email konfirmasi. Untuk melihat jadwal Sertifikasi dapat akses di halaman Jadwal Kegiatan

Informasi yang ditampilkan:

  • Deskripsi Kegiatan
  • Tanggal Pelaksanaan
  • Lokasi Pelaksanaan
  • Skema sertifikasi yang tersedia

Konfirmasi Jadwal
Pra Asesmen

Konfirmasi kesediaan untuk hadir di Pra Asesmen yang sudah dijadwalkan via email.

Pastikan kesiapan dan kesesuaian Skema Sertifikasi yang Anda ambil di sesi Pra Asesmen. Untuk melaksanakan Pra Asesmen, calon asesi tidak dikenakan biaya (Gratis)

Pembayaran Invoice
Sertifikasi

Invoice akan diterbitkan setelah tanggal pelaksanaan Asesmen disepakati. Segera lakukan pembayaran sesuai cara pembayaran yang diinformasikan pada invoice. Konfirmasi untuk memastikan pembayaran terverifikasi.

Hadir di Lokasi Pelaksanaan
Sertifikasi

Setelah mendapatkan konfirmasi jadwal, asesi dipersilakan untuk hadir di lokasi pelaksanaan dan waktu yang sesuai pemberitahuan sebelumnya.

Pelaksanaan Asesmen

Simak tahapan berikut untuk pelaksanaan Asesmen di LSP TIK Indonesia.

Asesi Hadir

Asesi hadir di lokasi dengan membawa identitas dan persiapan yang sudah dijelaskan pada saat Pra Asesmen

1
Mengikuti Penjelasan

Asesi akan dijelaskan mengenai rincian unit kompetensi Skema Sertifikasi dan metode Asesmen.

2
Mengisi Formulir

Setiap asesi wajib melakukan pengisian formulir-formulir Asesmen yang telah disediakan.

3
Mengerjakan Soal / Presentasi

Asesi yang sudah terkonfirmasi, dapat melaksanakan praktek atau portofolio sesuai dengan batas waktu.

4
Menjawab Pertanyaan (Sesi Tanya Jawab)

Asesi mengikuti sesi Tanya Jawab untuk melengkapi bukti yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

5
Mendapatkan Rekomendasi Hasil

Asesi dijelaskan mengenai hasil rekomendasi, berdasarkan hasil dari semua proses asesmen yang telah dilakukan.

6

Download Tahapan Sertifikasi

Bagaimana cara mendaftar sertifikasi di LSP TIK Indonesia?

Download Tahapan Asesmen

Bagaimana pelaksanaan asesmen di LSP TIK Indonesia?

Info Lebih Lanjut Sertifikasi

Simak tahapan berikut untuk pelaksanaan Asesmen di LSP TIK Indonesia.

Skema Sertifikasi

Klik untuk memahami sebelum melaksanakan sertifikasi.

Jadwal Kegiatan

Klik untuk memantau jadwal kegiatan.

Sertifikat Kompetensi

Klik untuk memahami pentingnya sertifikat kompetensi.

Validasi Sertifikat

Klik untuk cek keaslian sertifikat kompetensi LSP TIK Indonesia.

Seputar Pertanyaan Sertifikasi

Pertanyaan singkat terkait sertifikasi.

Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi kerja yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Sertifikat ini diterbitkan oleh lembaga sertifikasi profesi terakreditasi. Standar kompetensi kerja yang digunakan dalam proses sertifikasi kompetensi kerja dapat berupa: Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Internasional, Standar Khusus. Sertifikat kompetensi kerja merupakan bukti tertulis bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu.

Proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, standar internasional dan / atau standar khusus.

jika anda adalah peserta uji kompetensi di LSP TIK Indonesia dan telah direkomendasikan kompeten, maka pada akun peserta di sertifikasi.lsptik.or.id pada menu Sertifikat Kemudian klik menu Tracking Sertifikat, disana akan ditampilkan status sertifikasi peserta

  1. Meningkatkan kepercayaan diri: Sertifikasi kompetensi membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan pekerjaan
  2. Meningkatkan kemampuan: Sertifikasi kompetensi membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang tertentu.
  3. Meningkatkan karir: Sertifikasi kompetensi dapat membantu meningkatkan karir dan pendapatan. 

3 tahun sejak sertifikat diterbitkan