Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat lanjut
Menggunakan template pengolah kata
Template dokumen yang sudah tersedia pada aplikasi pengolah kata dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen baru dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna
Membuat mail merge
Perbedaan antara dokumen surat dan dokumen data dapat diketahui oleh pengguna.
Dokumen data dikelola sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dokumen surat dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Fungsi mail merge digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat style and themes
Teks yang ingin diformat dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Menu style dipilih sesuai dengan keinginan pengguna.
Style dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat daftar isi otomatis
Judul daftar isi dituliskan sesuai kebutuhan pengguna
Kalimat dimasukan sesuai heading
Kalimat diubah sesuai heading
Dokumen awal dan akhir dibuat berdasarkan jenis penomoran
Membuat format kolom
Jumlah kolom dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Modifikasi awal dan akhir kolom dibuat.
Membuat referensi dokumen
Indeks footnote dimasukan sesuai dengan posisi.
Keterangn footnote dituliskan sesuai kebutuhan pengguna.
Indeks sitasi dimasukan sesuai posisi dokumen.
Keterangan pustaka ditambahkan.
Mengelola objek
Jenis objek ditentukan sesuai kebutuhan pengguna.
Objek dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
Melacak dokumen
Dokumen original disiapkan.
Menu pelacakan dokumen dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut
Mengidentifikasi cell yang akan diolah
Cell dan cell range dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Kesalahan pemilihan cell dan cell range diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan formula pada lembar kerja
Fungsi formula diimplementasikan sesuai dengan kriteria.
Formula yang salah (error) diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan fungsi
Fungsi-fungsi built-in yang tersedia pada aplikasi lembar sebar diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan fungsi.
Sintak fungsi diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang digunakan.
Fungsi-fungsi tertentu diaplikasikan sesuai dengan fungsi.
Kesalahan penulisan sintak diperbaiki sesuai dengan ketentuan penulisan sintak.
Menggunakan filter
Langkah-langkah pengurutan data (sorting) diidentifikasi sesuai dengan kaidahnya.
Pengurutan data dilakukan sesuai dengan sasaran pengurutan.
Filter diaplikasikan sesuai dengan target data yang digunakan.
Auto filter diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pengelompokan data.
Menggunakan grafik (chart )
Jenis-jenis grafik/chart diidentifikasi sesuai dengan formatnya masing-masing.
Grafik diimplementasikan dalam spreadsheet sesuai dengan data.
Objek dalam grafik diatur sesuai dengan parameter yang diinginkan.
Sumber data diubah sesuai kebutuhan.
Paramater chart ditambahkan sesuai kebutuhan.
Mengintegrasikan berkas spreadsheet
Fitur ekspor diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Fitur import/insert diimplementasikan sesuai format fitur tersebut
Berkas atau sheet lainnya diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat lanjut
Menggunakan tabel dalam slide
Tabel dibuat dari menu yang tersedia dengan perangkat lunak presentasi.
Banyaknya kolom dan baris dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Kolom dan baris dihapus sesuai kebutuhan pengguna.
Kolom dan baris disisipkan sesuai kebutuhan pengguna.
Tinggi dan lebar kolom dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Menggunakan grafik (charts) dalam slide
Grafik dibuat dengan input data dari file lain.
Bentuk grafik dipilih dari menu yang tersedia.
Bentuk grafik diubah sesuai kebutuhan pengguna.
Judul grafik dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Judul grafik diubah sesuai kebutuhan pengguna.
Label data dari grafik dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Background warna dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Menampilkan slide dengan animasi
Animasi dipilih dari fasilitas yang tersedia.
Waktu untuk animasi diatur sesuai kebutuhan pengguna.
Urutan animasinya diubah.
Melengkapi slide dengan fitur tambahan.
Slide dilengkapi dengan hyperlinks.
Slide ditampilkan dengan fasilitas view modes.
Merancang template presentasi
View modes dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Posisi elemen template ditentukan sesuai dengan rancangan.
Template diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mengelola objek
Objek diidentifikasi.
Slide dilengkapi dengan fasilitas video dan audio.
Slide dapat dibuat video secara otomatis.
Menyesuaikan jenis berkas slide
Fitur ekspor diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Fitur import/insert diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Berkas atau slide lainnya diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan peralatan peripheral
Mempersiapkan peralatan peripheral
Peralatan sudah disambung ke perangkat computer menggunakan jenis koneksi yang tersedia
Peralatan peripheral dinyalakan sesuai petunjuk penggunaan.
Pengaturan peralatan dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan diaktifkan melalui perangkat lunak (peripheral driver) yang digunakan.
Menggunakan printer
Media cetak dipasang pada printer
Fitur dasar pencetakan dipilih melalui aplikasi yang digunakan.
Proses pencetakan dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai
Menggunakan scanner
Dokumen diletakan di scanner sesuai dengan petunjuk penggunaan
Fitur dasar pemindaian dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Proses pemindaian dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai.
Hasil pemindaian disimpan sesuai dengan kebutuhan.
Mematikan peralatan
Semua kondisi/setting peralatan sudah dikembalikan ke pengaturan awal (default) sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan dimatikan dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
Menggunakan penelusur situs web (web browser)
Mempersiapkan perangkat lunak penelusur situs web
Ikon dan/atau shortcut link penelusur situs web pada layar perangkat komputer dikenali sesuai dengan user manual.
Penelusur situs web dijalankan dengan mengklik Ikon pada layar dan tampilan muncul pada layar. 1.3 Menu dan perintah shortcut penelusur situs web dikenali sesuai dengan user manual.
Mengakses internet melalui URL (Uniform Resource Locator)
Pranala (hyperlink) pada situs internet dijelajahi sesuai URL yang tersedia.
Halaman situs web hasil penelusuran (browsing) disimpan pada media penyimpanan sesuai lokasi penyimpanan yang tersedia.
Halaman situs web hasil penelusuran (browsing) dicetak ke printer.
Berkas pada halaman situs web di unduh sesuai dengan petunjuk situs.
Memanfaatkan mesin pencari informasi di internet (search engine)
Penelusuran dengan mempergunakan kata kunci dilakukan sesuai dengan topik yang tersedia.
Penelusuran dengan mempergunakan search operator dilakukan sesuai dengan topik yang tersedia.
Menggunakan markah buku (bookmark)
URL situs web disimpan pada bookmark sesuai lokasi bookmark yang telah ada.
Bookmark dapat dikelola, seperti dengan menambahkan folder dan mengatur isi dari tiap folder.
Situs web diakses dengan mempergunakan alamat yang terdapat pada bookmark
Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik (e-mail client)
Mempersiapkanperangkat lunak pengakses surel
Ikon dan/atau shortcut link pengakses surel pada layar perangkat komputer dikenali sesuai manual penggunaan (user manual).
Menu dan perintah shortcut pengakses surel dikenali sesuai petunjuk penggunaan (user manual).
Akun surel dan password pada pengakses surel dikonfigurasi sesuai server surel dan akun yang tersedia.
Membaca surel
Surel diambil dari server surel yang tersedia.
Surel dibaca berdasarkan nama pengirim dan subyek.
Berkas lampiran surel dibaca sesuai program/piranti lunak pembuka lampiran.
Membuat surel
Surel dibuat sesuai dengan alamat tujuan dan subjek.
Surel baru diteruskan (forward) ke beberapa tujuan sesuai alamat tujuan surel yang sesuai.
Surel baru dibalas (reply) ke beberapa tujuan sesuai alamat tujuan.
Melakukan pengorganisasian surel
Surel dikenali berdasarkan Atribut Surel.
Folder dibuat sesuai pengelompokan surel yang sesuai.
Surel dikelompokkan ke dalam folderfolder berdasarkan pengelompokan yang sesuai.
Surel disaring berdasarkan paramaternya masuk secara otomatis ke folder yang telah ada.
Menggunakan aplikasi berbasis internet (Internet Based Applications Literacy)
Mengidentifikasi koneksi Internet telah tersambung
Alternatif jaringan Internet yang tersedia diidentifikasi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Koneksi Internet disambung sesuai dengan jaringan yang tersedia.
Perangkat komputer dipastikan dapat terhubung ke Internet
Mengidentifikasi aplikasi berbasis Internet
Aplikasi berbasis Internet diketahui sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Fungsi dari aplikasi berbasis Internet dijelaskan.
Menjalankan aplikasi berbasis Internet
Panduan pemakaian aplikasi dikuasai.
Menu yang ada pada aplikasi diidentifikasi sesuai dengan fungsinya.
Menu dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Form-form yang ada diisi secara lengkap sesuai batasan pengisian.
Biaya
Rp 750,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait