-
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
-
Menggunakan perangkat lunak lembar sebar (Spreadsheet) tingkat dasar
-
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
-
Mempersiapkan perangkat lunak presentasi
-
Perangkat lunak presentasi dipastikan telah terinstalasi dan dapat berjalan normal.
-
Petunjuk penggunaan perangkat lunak Presentasi sudah disediakan.
-
Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan manual instalasi.
-
Perangkat lunak presentasi dijalankan.
-
Membuat file presentasi
-
Menu-menu yang tersediakan beserta shortcutnya dikenali.
-
Fitur-fitur pengelolaan file presentasi dapat digunakan, seperti: create/new, save, open, save as, insert, edit dan delete.
-
File presentasi dapat disimpan dengan berbagai format standar.
-
Melakukan editing sederhana
-
Fitur-fitur editing sederhana digunakan untuk mengolah file presentasi.
-
Fitur-fitur lay-out (tata letak) diaplikasikan untuk file presentasi.
-
Fitur-fitur isian berulang di-setting, seperti: header, footer, page numbering.
-
Menggunakan template presentasi
-
Template yang sudah tersedia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Paragraph styles digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Font styles dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Menggunakan gambar untuk presentasi
-
Obyek gambar pada dokumen dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna.
-
Obyek gambar dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Obyek gambar diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Obyek gambar dihapus sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Gambar dari file dapat dimasukkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Posisi obyek gambar dalam dokumen dipindah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Mencetak file presentasi
-
File presentasi dicetak sebagai slide dengan berbagai ukuran serta parameter pencetakan.
-
Fitur-fitur dasar pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
-
Menjalankan presentasi
-
File presentasi dijalankan secara slide show.
-
Navigasi dilakukan dari satu slide ke slide lain.
-
Menggunakan peralatan peripheral
-
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
-
Mengidentifikasi ancaman keamanan informasi pengguna
-
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasi sesuai dengan sumber ancaman keamanan informasi bagi pengguna.
-
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasikan sesuai dengan target ancaman keamanan informasi.
-
Jenis serangan keamanan informasi melalui jaringan didentifikasi sesuai dengan jenis malware.
-
Jenis serangan keamanan informasi melalui social engineering didentifikasi sesuai dengan lingkungan pengguna.
-
Mengidentifikasi aspek confidentiality
-
Data dan dokumen diklasifikasi sesuai tingkat keterbukaan informasi.
-
Data dan dokumen disimpan sesuai dengan tingkat keterbukaan informasinya.
-
Informasi pribadi digunakan sesuai dengan kebutuhan personal organisasi.
-
Proses Autentikasi dilaksanakan secara benar sesuai dengan sistem pada organisasi tersebut.
-
Teknologi enkripsi digunakan sesuai dengan kerahasiaan informasi.
-
Mengidentifikasi aspek integrity
-
Akses kontrol diikuti sesuai dengan keperluan system.
-
Meta data digunakan untuk menjamin integritas data sesuai dengan sumber data asli.
-
Informasi yang bertentangan diperiksa dan kebutuhan yang tepat ditetapkan.
-
Mengidentifikasi aspek availability
-
Data dan software yang perlu di backup diidentifikasi sesuai dengan tingkat kekritisan data dan software bagi pengguna.
-
Kapasitas dan media backup dikalkulasi sesuai kebutuhan pengguna.
-
Prosedur backup ke media backup dilakukan sesuai dengan schedule.
-
Prosedur restorasi dari media backup dilakukan sesuai dengan kebutuhan
-
Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik (e-mail client)
-
Menggunakan aplikasi media sosial
-
Menggunakan aplikasi berbasis internet (Internet Based Applications Literacy)
-
Mengidentifikasi koneksi Internet telah tersambung
-
Alternatif jaringan Internet yang tersedia diidentifikasi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Koneksi Internet disambung sesuai dengan jaringan yang tersedia.
-
Perangkat komputer dipastikan dapat terhubung ke Internet
-
Mengidentifikasi aplikasi berbasis Internet
-
Aplikasi berbasis Internet diketahui sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Fungsi dari aplikasi berbasis Internet dijelaskan.
-
Menjalankan aplikasi berbasis Internet
-
Panduan pemakaian aplikasi dikuasai.
-
Menu yang ada pada aplikasi diidentifikasi sesuai dengan fungsinya.
-
Menu dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
-
Form-form yang ada diisi secara lengkap sesuai batasan pengisian.
-
Memastikan validitas data
-
Mengidentifikasi substansi data yang dimasukkan
-
Data dipastikan sesuai dengan keperluan data pada proses bisnis organisasi tersebut.
-
Jenis data yang dimasukkan sesuai dengan kebutuhan jenis data pada aplikasi tersebut.
-
Mengidentifikasi referensi dari data yang dimasukkan
-
Pemasukan berdasarkan Jenis data diidentifikasi sesuai dengan penggunaan referensi data.
-
Data yang dimasukkan sesuai dengan kodifikasi dari data tersebut.
-
Memeriksa validitas data
-
Akurasi sumber data diperiksa sesuai dengan kebutuhan organisasi.
-
Memeriksa data yang dimasukkan yang sesuai dengan akurasi yang ditentukan.
-
Data yang dimasukkan sesuai dengan aspek keamanan informasi.
-
Melakukan pemutakhiran data
-
Data diperbaiki sesuai dengan kriteria validitas data.
-
Data pada dokumen yang tidak lengkap, dilengkapi sesuai dengan yang kebutuhan dari aplikasi pengolah data.
-
Data dilakukan pemutakhiran sesuai dengan data terbaru yang ada.