Template yang sudah tersedia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Paragraph styles digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Font styles dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan gambar untuk presentasi
Obyek gambar pada dokumen dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dihapus sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Gambar dari file dapat dimasukkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Posisi obyek gambar dalam dokumen dipindah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mencetak file presentasi
File presentasi dicetak sebagai slide dengan berbagai ukuran serta parameter pencetakan.
Fitur-fitur dasar pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
Menjalankan presentasi
File presentasi dijalankan secara slide show.
Navigasi dilakukan dari satu slide ke slide lain.
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat lanjut
Menggunakan template pengolah kata
Template dokumen yang sudah tersedia pada aplikasi pengolah kata dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen baru dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Template dokumen dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna
Membuat mail merge
Perbedaan antara dokumen surat dan dokumen data dapat diketahui oleh pengguna.
Dokumen data dikelola sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Dokumen surat dibuat sesuai kebutuhan pengguna.
Fungsi mail merge digunakan sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat style and themes
Teks yang ingin diformat dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Menu style dipilih sesuai dengan keinginan pengguna.
Style dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.
Membuat daftar isi otomatis
Judul daftar isi dituliskan sesuai kebutuhan pengguna
Kalimat dimasukan sesuai heading
Kalimat diubah sesuai heading
Dokumen awal dan akhir dibuat berdasarkan jenis penomoran
Membuat format kolom
Jumlah kolom dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Modifikasi awal dan akhir kolom dibuat.
Membuat referensi dokumen
Indeks footnote dimasukan sesuai dengan posisi.
Keterangn footnote dituliskan sesuai kebutuhan pengguna.
Indeks sitasi dimasukan sesuai posisi dokumen.
Keterangan pustaka ditambahkan.
Mengelola objek
Jenis objek ditentukan sesuai kebutuhan pengguna.
Objek dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
Melacak dokumen
Dokumen original disiapkan.
Menu pelacakan dokumen dikelola sesuai kebutuhan pengguna.
Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut
Mengidentifikasi cell yang akan diolah
Cell dan cell range dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Kesalahan pemilihan cell dan cell range diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan formula pada lembar kerja
Fungsi formula diimplementasikan sesuai dengan kriteria.
Formula yang salah (error) diperbaiki sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan fungsi
Fungsi-fungsi built-in yang tersedia pada aplikasi lembar sebar diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan fungsi.
Sintak fungsi diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang digunakan.
Fungsi-fungsi tertentu diaplikasikan sesuai dengan fungsi.
Kesalahan penulisan sintak diperbaiki sesuai dengan ketentuan penulisan sintak.
Menggunakan filter
Langkah-langkah pengurutan data (sorting) diidentifikasi sesuai dengan kaidahnya.
Pengurutan data dilakukan sesuai dengan sasaran pengurutan.
Filter diaplikasikan sesuai dengan target data yang digunakan.
Auto filter diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan pengelompokan data.
Menggunakan grafik (chart )
Jenis-jenis grafik/chart diidentifikasi sesuai dengan formatnya masing-masing.
Grafik diimplementasikan dalam spreadsheet sesuai dengan data.
Objek dalam grafik diatur sesuai dengan parameter yang diinginkan.
Sumber data diubah sesuai kebutuhan.
Paramater chart ditambahkan sesuai kebutuhan.
Mengintegrasikan berkas spreadsheet
Fitur ekspor diimplementasikan sesuai format fitur tersebut.
Fitur import/insert diimplementasikan sesuai format fitur tersebut
Berkas atau sheet lainnya diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Melakukan pemasukan data
Mempersiapkan data yang akan dimasukkan
Perlakuan Persiapan Data sesuai dengan aplikasi yang digunakan.
Jumlah data diperiksa kelengkapannya sesuai dengan borang.
Jenis data pada tiap isian diperiksa sesuai dengan borang.
Memasukkan data dengan perangkat komputer
Data dimasukkan dengan menggunakan aplikasi komputer sesuai dengan yang ditentukan.
Data disimpan pada aplikasi sesuai dengan lokasi penyimpanan.
Data yang wajib dimasukkan secara lengkap sesuai dengan aplikasi.
Dokumen fisik dipindai menjadi format elektronis sesuai dengan dokumen fisik aslinya.
Pekerjaan pemasukan data dicatat pada logbook secara lengkap sesuai dengan standar pada organisasi tersebut.
Meng-import data dari sumber elektronis
Jenis file diidentifikasi dengan tepat sesuai aplikasi yang dapat membacanya.
enis file dapat disimpan dengan tepat sesuai dengan aplikasi yang akan menggunakannya.
Berkas yang di-import dibaca ke program sesuai dengan berkas aslinya.
Pekerjaan pengimportan data dicatat pada logbook secara lengkap sesuai dengan standar pada organisasi tersebut.
Menggunakan perangkat komputer
Menyalakan perangkat komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai
Indikator penyalaan perangkat computer dapat dilihat sesuai dengan petunjuk penggunaan.
Proses proses aktivasi sistem operasi dapat dijalankan sesuai dengan petunjuk penggunaan.
Menjalankan perangkat computer
Antar muka pengguna yang tersedia dapat dijalankan dengan peripheral yang tersedia sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Program aplikasi dijalankan sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer.
Mematikan perangkat komputer
Semua program aplikasi ditutup sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Antrian data dari atau menuju peripheral dipastikan sudah tidak ada lagi sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Tampilan yang muncul pada layar monitor diidentifikasi merupakan tampilan yang menandakan proses penghentian secara normal sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer.
Menggunakan sistem operasi
Mengenali perintah dan GUI windows/ menu/ikon (icon)/kursor yang berasosiasi dengannya
Perintah-perintah sederhana diidentifikasi sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi.
Obyek pengacu yang bersesuaian dengan perintah-perintah sistem dikenali sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Fungsi-fungsi tombol-tombol minimize, maximize, restore dan close, digunakanpada perangkat komputer untuk mengelola aplikasi yang sedang berjalan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi.
Mengelola folder, file dan control panel
Folder dan file dikelola sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Informasi dan atribut tentang folder seperti nama, ukuran, hak akses ditampilkan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Atribut suatu folder/file diubah sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Pengaturan sederhana dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Menggunakan peralatan peripheral
Mempersiapkan peralatan peripheral
Peralatan sudah disambung ke perangkat computer menggunakan jenis koneksi yang tersedia
Peralatan peripheral dinyalakan sesuai petunjuk penggunaan.
Pengaturan peralatan dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan diaktifkan melalui perangkat lunak (peripheral driver) yang digunakan.
Menggunakan printer
Media cetak dipasang pada printer
Fitur dasar pencetakan dipilih melalui aplikasi yang digunakan.
Proses pencetakan dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai
Menggunakan scanner
Dokumen diletakan di scanner sesuai dengan petunjuk penggunaan
Fitur dasar pemindaian dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Proses pemindaian dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai.
Hasil pemindaian disimpan sesuai dengan kebutuhan.
Mematikan peralatan
Semua kondisi/setting peralatan sudah dikembalikan ke pengaturan awal (default) sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan dimatikan dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
Mengidentifikasi ancaman keamanan informasi pengguna
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasi sesuai dengan sumber ancaman keamanan informasi bagi pengguna.
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasikan sesuai dengan target ancaman keamanan informasi.
Jenis serangan keamanan informasi melalui jaringan didentifikasi sesuai dengan jenis malware.
Jenis serangan keamanan informasi melalui social engineering didentifikasi sesuai dengan lingkungan pengguna.
Mengidentifikasi aspek confidentiality
Data dan dokumen diklasifikasi sesuai tingkat keterbukaan informasi.
Data dan dokumen disimpan sesuai dengan tingkat keterbukaan informasinya.
Informasi pribadi digunakan sesuai dengan kebutuhan personal organisasi.
Proses Autentikasi dilaksanakan secara benar sesuai dengan sistem pada organisasi tersebut.
Teknologi enkripsi digunakan sesuai dengan kerahasiaan informasi.
Mengidentifikasi aspek integrity
Akses kontrol diikuti sesuai dengan keperluan system.
Meta data digunakan untuk menjamin integritas data sesuai dengan sumber data asli.
Informasi yang bertentangan diperiksa dan kebutuhan yang tepat ditetapkan.
Mengidentifikasi aspek availability
Data dan software yang perlu di backup diidentifikasi sesuai dengan tingkat kekritisan data dan software bagi pengguna.
Kapasitas dan media backup dikalkulasi sesuai kebutuhan pengguna.
Prosedur backup ke media backup dilakukan sesuai dengan schedule.
Prosedur restorasi dari media backup dilakukan sesuai dengan kebutuhan
Menggunakan penelusur situs web (web browser)
Mempersiapkan perangkat lunak penelusur situs web
Ikon dan/atau shortcut link penelusur situs web pada layar perangkat komputer dikenali sesuai dengan user manual.
Penelusur situs web dijalankan dengan mengklik Ikon pada layar dan tampilan muncul pada layar. 1.3 Menu dan perintah shortcut penelusur situs web dikenali sesuai dengan user manual.
Mengakses internet melalui URL (Uniform Resource Locator)
Pranala (hyperlink) pada situs internet dijelajahi sesuai URL yang tersedia.
Halaman situs web hasil penelusuran (browsing) disimpan pada media penyimpanan sesuai lokasi penyimpanan yang tersedia.
Halaman situs web hasil penelusuran (browsing) dicetak ke printer.
Berkas pada halaman situs web di unduh sesuai dengan petunjuk situs.
Memanfaatkan mesin pencari informasi di internet (search engine)
Penelusuran dengan mempergunakan kata kunci dilakukan sesuai dengan topik yang tersedia.
Penelusuran dengan mempergunakan search operator dilakukan sesuai dengan topik yang tersedia.
Menggunakan markah buku (bookmark)
URL situs web disimpan pada bookmark sesuai lokasi bookmark yang telah ada.
Bookmark dapat dikelola, seperti dengan menambahkan folder dan mengatur isi dari tiap folder.
Situs web diakses dengan mempergunakan alamat yang terdapat pada bookmark
Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik (e-mail client)
Mempersiapkanperangkat lunak pengakses surel
Ikon dan/atau shortcut link pengakses surel pada layar perangkat komputer dikenali sesuai manual penggunaan (user manual).
Menu dan perintah shortcut pengakses surel dikenali sesuai petunjuk penggunaan (user manual).
Akun surel dan password pada pengakses surel dikonfigurasi sesuai server surel dan akun yang tersedia.
Membaca surel
Surel diambil dari server surel yang tersedia.
Surel dibaca berdasarkan nama pengirim dan subyek.
Berkas lampiran surel dibaca sesuai program/piranti lunak pembuka lampiran.
Membuat surel
Surel dibuat sesuai dengan alamat tujuan dan subjek.
Surel baru diteruskan (forward) ke beberapa tujuan sesuai alamat tujuan surel yang sesuai.
Surel baru dibalas (reply) ke beberapa tujuan sesuai alamat tujuan.
Melakukan pengorganisasian surel
Surel dikenali berdasarkan Atribut Surel.
Folder dibuat sesuai pengelompokan surel yang sesuai.
Surel dikelompokkan ke dalam folderfolder berdasarkan pengelompokan yang sesuai.
Surel disaring berdasarkan paramaternya masuk secara otomatis ke folder yang telah ada.
Menggunakan aplikasi media sosial
Memilih media sosial
Kebutuhan media sosial diidentifikasi sebagai dasar kegiatan berikutnya.
Jenis Data yang akan digunakan dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Aplikasi media sosial dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mengelola akun (account) di media sosial
Akun pada aplikasi dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Jejaring Sosial dipelihara sesuai tujuan pengguna.
Tools dikelola sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mengirim informasi
Konten informasi diperiksa sesuai dengan kriteria pengguna.
Target Penerima ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Informasi di kirim sesuai dengan tujuan pengguna.
Biaya
Rp 850,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait