Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi pengolah kata dibuka.
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen disimpan ke direktori
Dokumen yang tersimpan dibuka
Menyesuaikan pengaturan dasar untuk memenuhi tata letak dokumen
Tata letak halaman konvensi diatur untuk memenuhi kebutuhan.
Format Font disesuaikan dengan tujuan dokumen
Keselarasan dan jarak baris diubah sesuai persyaratan informasi dokumen
Margin disesuaikan dengan tujuan dokumen
Mengatur dokumen
Fitur pemformatan dan gaya sesuai kebutuhan pengguna digunakan
Teks dari area lain disalin ke dalam dokumen atau dari dokumen lain yang aktif
Halaman dokumen disisipkan sesuai kebutuhan pengguna.
Header dan footer dibuat sesuai kebutuhan dokumen
Dokumen disimpan dalam berbagai tipe berkas.
Membuat tabel
Tabel standar disisipkan ke dalam dokumen.
Sel untuk memenuhi persyaratan informasi diubah.
Kolom dan baris dimodifikasi
Menu pemformatan digunakan sesuai dengan persyaratan kebutuhan pengguna
Menambahkan gambar
Gambar yang sesuai dimasukan ke dalam dokumen.
Ukuran dan posisi gambar diubah untuk memenuhi kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Dokumen dalam modus pratinjau cetak ditampilkan.
Pengaturan cetak dasar dipilih
Dokumen atau bagian dokumen di cetak dari printer
Menggunakan perangkat lunak lembar sebar (Spreadsheet) tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi spreadsheet dibuka
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen ditambahan data sesuai kebutuhan informasi
Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya digunakan sesuai dengan formatnya.
Fitur-fitur pengelolaan file/spreadsheet digunakan sesuai dengan Kriteria.
Berbagai format standar penyimpanan format file digunakan sesuai dengan formatnya
Melakukan editing sederhana atas kolom dan baris
Fitur-fitur pengubahan (editing) sederhana diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang ada
Fitur-fitur kolom dan baris diaplikasikan sesuai kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur copy, cut dan paste diaplikasikan dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Formula sederhana diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Bagian yang ingin dicetak ditentukan.
Berbagai parameter pencetakan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur pencetakan diimplementasikan berdasarkan kebutuhan pengguna
Menggunakan perangkat komputer
Menyalakan perangkat komputer dan mengamati proses aktifasi sistem (booting) hingga selesai
Indikator penyalaan perangkat computer dapat dilihat sesuai dengan petunjuk penggunaan.
Proses proses aktivasi sistem operasi dapat dijalankan sesuai dengan petunjuk penggunaan.
Menjalankan perangkat computer
Antar muka pengguna yang tersedia dapat dijalankan dengan peripheral yang tersedia sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Program aplikasi dijalankan sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer.
Mematikan perangkat komputer
Semua program aplikasi ditutup sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Antrian data dari atau menuju peripheral dipastikan sudah tidak ada lagi sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer
Tampilan yang muncul pada layar monitor diidentifikasi merupakan tampilan yang menandakan proses penghentian secara normal sesuai dengan petunjuk penggunaan komputer.
Menggunakan sistem operasi
Mengenali perintah dan GUI windows/ menu/ikon (icon)/kursor yang berasosiasi dengannya
Perintah-perintah sederhana diidentifikasi sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi.
Obyek pengacu yang bersesuaian dengan perintah-perintah sistem dikenali sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Fungsi-fungsi tombol-tombol minimize, maximize, restore dan close, digunakanpada perangkat komputer untuk mengelola aplikasi yang sedang berjalan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi.
Mengelola folder, file dan control panel
Folder dan file dikelola sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Informasi dan atribut tentang folder seperti nama, ukuran, hak akses ditampilkan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Atribut suatu folder/file diubah sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Pengaturan sederhana dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan sistem operasi
Menggunakan peralatan peripheral
Mempersiapkan peralatan peripheral
Peralatan sudah disambung ke perangkat computer menggunakan jenis koneksi yang tersedia
Peralatan peripheral dinyalakan sesuai petunjuk penggunaan.
Pengaturan peralatan dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan diaktifkan melalui perangkat lunak (peripheral driver) yang digunakan.
Menggunakan printer
Media cetak dipasang pada printer
Fitur dasar pencetakan dipilih melalui aplikasi yang digunakan.
Proses pencetakan dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai
Menggunakan scanner
Dokumen diletakan di scanner sesuai dengan petunjuk penggunaan
Fitur dasar pemindaian dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Proses pemindaian dilakukan dengan melalui aplikasi yang sesuai.
Hasil pemindaian disimpan sesuai dengan kebutuhan.
Mematikan peralatan
Semua kondisi/setting peralatan sudah dikembalikan ke pengaturan awal (default) sesuai dengan petunjuk penggunaan
Peralatan dimatikan dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
Mengidentifikasi ancaman keamanan informasi pengguna
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasi sesuai dengan sumber ancaman keamanan informasi bagi pengguna.
Ancaman-ancaman keamanan informasi diklasifikasikan sesuai dengan target ancaman keamanan informasi.
Jenis serangan keamanan informasi melalui jaringan didentifikasi sesuai dengan jenis malware.
Jenis serangan keamanan informasi melalui social engineering didentifikasi sesuai dengan lingkungan pengguna.
Mengidentifikasi aspek confidentiality
Data dan dokumen diklasifikasi sesuai tingkat keterbukaan informasi.
Data dan dokumen disimpan sesuai dengan tingkat keterbukaan informasinya.
Informasi pribadi digunakan sesuai dengan kebutuhan personal organisasi.
Proses Autentikasi dilaksanakan secara benar sesuai dengan sistem pada organisasi tersebut.
Teknologi enkripsi digunakan sesuai dengan kerahasiaan informasi.
Mengidentifikasi aspek integrity
Akses kontrol diikuti sesuai dengan keperluan system.
Meta data digunakan untuk menjamin integritas data sesuai dengan sumber data asli.
Informasi yang bertentangan diperiksa dan kebutuhan yang tepat ditetapkan.
Mengidentifikasi aspek availability
Data dan software yang perlu di backup diidentifikasi sesuai dengan tingkat kekritisan data dan software bagi pengguna.
Kapasitas dan media backup dikalkulasi sesuai kebutuhan pengguna.
Prosedur backup ke media backup dilakukan sesuai dengan schedule.
Prosedur restorasi dari media backup dilakukan sesuai dengan kebutuhan
Biaya
Rp 500,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait