Mendefinisikan terminologi dan konsep cloud computing
Mendefinisikan terminologi dan konsep cloud computing
Scaling horizontal (scale out dan scale in), scaling for failover dan scaling vertical (scale up dan scale down) ditentukan sesuai beban kerja yang diterima.
Layers virtualisasi, indikator performance, tipe virtualisasi, mekanisme virtualisasi dan tipe kapasitas virtualisasi ditentukan sesuai jenis layanan
Mendefinisikan karakteriktik cloud computing
Karakteristik cloud computing yang dipilih memenuhi persyaratan on demand usage.
Karakteristik cloud computing yang dipilih memenuhi persyaratan banyak pelanggan dalam satu platform (multitenancy).
Karakteristik cloud computing yang dipilih memenuhi persyaratan elasticity.
Mendefinisikan model pengantaran layanan cloud computing
Definisi dari model pengantaran layanan IaaS, PaaS, dan SaaS dideskripsikan sesuai standar.
Karakteristik dan komponen dari layanan IaaS, PaaS, dan SaaS ditentukan sesuai persyaratan cloud.
Manfaat model IaaS, PaaS, dan SaaS dideskripsikan sesuai persyaratan cloud
Fitur-fitur yang ditawarkan oleh IaaS, PaaS, dan SaaS dideskripsikan sesuai persyaratan cloud.
Mendefinisikan model cloud computing deployment
Pengertian dari Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud diuraikan secara lengkap sesuai standar.
Kondisi yang tepat untuk layanan Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud diuraikan secara lengkap sesuai standar.
Contoh dari layanan Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud diuraikan secara lengkap sesuai standar
Keuntungan dan kerugian layanan Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud diuraikan secara lengkap sesuai standar.
Mendefinisikan biaya dan manfaat cloud computing
Jenis-jenis pembiayaan pada penyediaan layanan cloud computing dideskripsikan sesuai jenis layanan yang ditawarkan.
Manfaat cloud computing bagi perusahaan dan individu dideskripsikan sesuai jenis layanan yang ditawarkan.
Kriteria SLA cloud computing dideskripsikan sesuai dengan layanan yang ditawarkan.
Metode pengukuran SLA cloud computing ditentukan sesuai dengan parameter pada SLA (availability, reliability, dan performance).
Dokumen kesepakatan SLA ditentukan sesuai dengan layanan yang ditawarkan.
Menguraikan topologi jaringan komputer untuk sistem cloud computing
Pengertian berbagai topologi jaringan komputer untuk sistem cloud computing dideskripsikan sesuai dengan standar.
Kelebihan dan kekurangan dari masingmasing jenis topologi jaringan komputer diuraikan sesuai dengan penggunaan pada arsitektur cloud computing.
Mengidentifikasi teknologi cloud computing
Menguraikan mekanisme cloud computing
Mekanisme virtual server dideskripsikan sesuai karakteristik multitenancy dan elasticity
Mekanisme failover system dideskripsikan sesuai karakteristik resiliency
Mekanisme multi-device broker dideskripsikan sesuai karakteristik ubiquitous access
Mekanisme resource replication dideskripsikan sesuai karakteristik multitenancy, elasticity dan resiliency
Menguraikan ancaman keamanan dan mekanisme penanggulangannya
Pengertian dari ancamanan keamanan Denial of Sevice dan Authorization and authentication attack dideskripsikan sesuai model security
Ancaman atau serangan diuraikan, sesuai dengan standar model ancaman misalnya seperti Denial of Sevice dan Authorization and authentication attack
Dampak Denial of Sevice dan Authorization and authentication attack diuraikan sesuai kerugian yang ditimbulkan
Mekanisme penanggulangan diuraikan sesuai jenis ancaman Denial of Sevice dan Authorization and authentication attack
Menguraikan implementasi layanan cloud computing
Pengertian dari Web Services dan REST Services dideskripsikan sesuai standar
Arsitektur dari Web Services dan REST Services dideskripsikan sesuai standar
Implementasi Web Services dan REST services diuraikan sesuai framework dan bahasa pemrograman yang digunakan
Menguraikan perangkat penyimpanan pada sarana dan prasarana cloud computing
Level perangkat penyimpanan pada sarana dan prasarana dataset, file, block pada cloud computing dideskripsikan sesuai layanan yang ditawarkan
Struktur tipe perangkat penyimpanan pada sarana dan prasarana untuk non-relational storage dan relational storage pada cloud computing dideskripsikan sesuai layanan yang ditawarkan
Menguraikan pengujian sistem cloud computing
Pengukuran integration dalam pengujian sistem cloud computing diidentifikasikan sesuai jenis layanan
Pengukuran performance dalam pengujian sistem cloud computing diidentifikasikan sesuai jenis layanan
Pengukuran beban (stress) dalam pengujian sistem cloud computing diidentifikasikan sesuai jenis layanan
Mengidentifikasi berbagai jenis perangkat keras yang dibutuhkan
Mendeskripsikan berbagai perangkat keras jaringan komputer
Perangkat router dan switch disertai dengan fungsi dari masing-masing perangkat tersebut diuraikan sesuai dengan pemanfaatan pada cloud
Perangkat interkoneksi dalam jaringan wireless dan wire diuraikan sesuai dengan pemanfaatan pada cloud
Mendefinisikan berbagai perangkat server untuk sistem cloud
Berbagai perangkat keras unit pemrosesan (Central Processing Unit/CPU) dideskripsikan sesuai dengan pemanfaatan pada cloud
Berbagai perangkat keras penyimpanan data dideskripsikan sesuai dengan pemanfaatan pada cloud
Berbagai perangkat keras pendukung dideskripsikan sesuai dengan jenis fungsinya, misal perangkat keras pendukung keamanan, jaringan
Menjalankan aktivitas rutin pada IaaS, PaaS, dan SaaS
Mengelola data pengguna pada sistem cloud
Backup dilakukan secara lengkap pada setiap jenis layanan sesuai dengan analisis resiko dan ancaman
Restore data dilakukan secara lengkap pada setiap jenis layanan sesuai dengan analisis resiko dan ancaman
Mengelola sistem cloud
Patching dilakukan secara lengkap sesuai dengan strategi pemulihan sistem cloud
Update dilakukan secara lengkap sesuai dengan strategi pemulihan sistem cloud
Upgrade dilakukan secara lengkap sesuai dengan strategi pemulihan sistem cloud
Mendokumentasikan aktivitas rutin pada sistem cloud
Aktivitas rutin dituangkan secara lengkap ke dalam satu dokumen
Dokumentasi perawatan dan permasalahan yang timbul dituangkan secara lengkap ke dalam satu dokumen
Memantau sarana dan prasarana agar bisa digunakan oleh user sesuai dengan SLA
Mengevaluasi kualitas layanan
Perangkat bantu pemantauan sarana dan prasarana diimplementasikan pada sistem cloud secara lengkap sesuai dengan SLA
Kualitas layanan dipantau secara berkala, berkelanjutan, dan lengkap sesuai dengan SLA
Kondisi layanan dianalisis sesuai standar SLA
Menyusun laporan layanan secara periodik
Hasil pemantauan dan analisis disajikan secara berkala, berkelanjutan, dan lengkap sesuai SLA
Kompensasi terhadap penyimpangan SLA ditentukan sesuai dengan SLA
Mendokumentasikan hasil pemantauan dan analisis kualitas layanan
Hasil pemenuhan SLA dituangkan secara lengkap ke dalam satu dokumen
Hasil penyimpangan SLA dan kompensasinya dituangkan secara lengkap ke dalam satu dokumen
Memberikan dukungan teknis atas masalah user dan report next layer
Mengumpulkan data keluhan dari pengguna
Ticketing system digunakan sesuai dengan jenis layanan
Data keluhan dari pengguna dikumpulkan menggunakan ticketing system secara berkala, berkelanjutan, dan lengkap sesuai dengan jenis layanan
Pengelompokkan jenis keluhan pengguna dilakukan sesuai dengan prioritas, jenis pengguna, dan jenis layanan
Melakukan penanganan keluhan dari pengguna
Eskalasi dilakukan sesuai dengan prioritas, jenis pengguna, dan jenis layanan
Hasil penanganan dipantau secara teliti dan tepat sesuai SLA
Laporan atas permasalahan yang disampaikan oleh pengguna disusun secara rinci dan lengkap sesuai jenis layanan
Biaya
Rp 2,300,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait