150) ? true : false">
Beranda
Profil
Skema Sertifikasi
Informasi
Jadwal Kegiatan
Sertifikasi
Pelatihan
Tempat Uji Kompetensi (TUK)
Penawaran | Kerja Sama
Asesor Kompetensi
Pelatihan Asesor
Sertifikasi
Sertifikat
Berita
Kontak
Operator Komputer
Basic Office Operator
Okupasi
Level 1
3 unit
Unit Kompetensi
J.63OPR00.004.2
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi pengolah kata dibuka.
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen disimpan ke direktori
Dokumen yang tersimpan dibuka
Menyesuaikan pengaturan dasar untuk memenuhi tata letak dokumen
Tata letak halaman konvensi diatur untuk memenuhi kebutuhan.
Format Font disesuaikan dengan tujuan dokumen
Keselarasan dan jarak baris diubah sesuai persyaratan informasi dokumen
Margin disesuaikan dengan tujuan dokumen
Mengatur dokumen
Fitur pemformatan dan gaya sesuai kebutuhan pengguna digunakan
Teks dari area lain disalin ke dalam dokumen atau dari dokumen lain yang aktif
Halaman dokumen disisipkan sesuai kebutuhan pengguna.
Header dan footer dibuat sesuai kebutuhan dokumen
Dokumen disimpan dalam berbagai tipe berkas.
Membuat tabel
Tabel standar disisipkan ke dalam dokumen.
Sel untuk memenuhi persyaratan informasi diubah.
Kolom dan baris dimodifikasi
Menu pemformatan digunakan sesuai dengan persyaratan kebutuhan pengguna
Menambahkan gambar
Gambar yang sesuai dimasukan ke dalam dokumen.
Ukuran dan posisi gambar diubah untuk memenuhi kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Dokumen dalam modus pratinjau cetak ditampilkan.
Pengaturan cetak dasar dipilih
Dokumen atau bagian dokumen di cetak dari printer
J.63OPR00.005.2
Menggunakan perangkat lunak lembar sebar (Spreadsheet) tingkat dasar
Membuat dokumen
Aplikasi spreadsheet dibuka
Dokumen dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
Dokumen ditambahan data sesuai kebutuhan informasi
Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya digunakan sesuai dengan formatnya.
Fitur-fitur pengelolaan file/spreadsheet digunakan sesuai dengan Kriteria.
Berbagai format standar penyimpanan format file digunakan sesuai dengan formatnya
Melakukan editing sederhana atas kolom dan baris
Fitur-fitur pengubahan (editing) sederhana diidentifikasi sesuai dengan fungsi yang ada
Fitur-fitur kolom dan baris diaplikasikan sesuai kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur copy, cut dan paste diaplikasikan dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Formula sederhana diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna
Mencetak dokumen
Bagian yang ingin dicetak ditentukan.
Berbagai parameter pencetakan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Fitur-fitur pencetakan diimplementasikan berdasarkan kebutuhan pengguna
J.63OPR00.006.2
Menggunakan perangkat lunak presentasi tingkat dasar
Mempersiapkan perangkat lunak presentasi
Perangkat lunak presentasi dipastikan telah terinstalasi dan dapat berjalan normal.
Petunjuk penggunaan perangkat lunak Presentasi sudah disediakan.
Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan sesuai dengan manual instalasi.
Perangkat lunak presentasi dijalankan.
Membuat file presentasi
Menu-menu yang tersediakan beserta shortcutnya dikenali.
Fitur-fitur pengelolaan file presentasi dapat digunakan, seperti: create/new, save, open, save as, insert, edit dan delete.
File presentasi dapat disimpan dengan berbagai format standar.
Melakukan editing sederhana
Fitur-fitur editing sederhana digunakan untuk mengolah file presentasi.
Fitur-fitur lay-out (tata letak) diaplikasikan untuk file presentasi.
Fitur-fitur isian berulang di-setting, seperti: header, footer, page numbering.
Menggunakan template presentasi
Template yang sudah tersedia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Paragraph styles digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Font styles dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Menggunakan gambar untuk presentasi
Obyek gambar pada dokumen dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Obyek gambar dihapus sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Gambar dari file dapat dimasukkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Posisi obyek gambar dalam dokumen dipindah sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Mencetak file presentasi
File presentasi dicetak sebagai slide dengan berbagai ukuran serta parameter pencetakan.
Fitur-fitur dasar pencetakan dapat digunakan, seperti: page setup, printer setup, print preview.
Menjalankan presentasi
File presentasi dijalankan secara slide show.
Navigasi dilakukan dari satu slide ke slide lain.
Biaya
Rp 450,000
Biaya diatas belum termasuk termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan pajak terkait
Jenis skema
Okupasi
Level
1
Total unit
3
Panduan
Download
Dilihat sebanyak
1.5rb
DAFTAR
Ada Pertanyaan?
Segera hubungi kami, dengan senang hati kami melayani Anda.
Hubungi