KEPALA BADAN LITBANG SDM KOMINFO MEMBUKA SERTIFIKASI DI SUNGAILIAT, BANGKA.

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   Komunikasi   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Dalam rangka program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Jakarta menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi bidang TIK berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 28 – 30 Agustus 2018 di Hotel Novilla, Sungailiat, Kabupaten Bangka. LSP TIK sebagai Lembaga yang memiliki lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi sejak tahun 2007, mendapat keperccayaan untuk untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Acara pembukaan kegiatan Sertiffikasi Nasional tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA, Kepala BPSDMP Jakarta Drs. Parulian Sitompul, MA. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Bangka, Ir. Asmawi Alie, M.T., Perwakilan Pimpinan LSP TIK Indonesia, serta para pejabat di lingkungan BPSDMP Jakarta maupun Pemkab Bangka.

Dalam laporan panitia penyelenggara, disampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang berkualitas dan tersertifikasi di bidang TIK. Dengan kegiatan sertifikasi kompetensi (profesi) ini peserta diharapkan bisa mendapatkan pengakuan atas kompetensi yang dimilikinya, membuka peluang usaha sendiri (menjadi techopreneur), meningkatkan peluang karier, dan meningkatkan rasa percaya diri. Sasaran kegiatan ini adalah angkatan kerja muda lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan skema sertifikasi: Practical Office Advanced, Help Desk, Junior Networking, Junior Programming, Database Programming, Digital Imaging, dan Junior Technical Support.

Jumlah peserta sebanyak 75 orang lulusan SMK, D1, D2, dan D3 berasal dari Kabupaten Bangka dan sekitarnya.

Kadis Dinkominfotik Bangka, Ir. Asmawi Alie, M.T.Sambutan Asmawi dalam sambutannya mengatakan bahwa keahlian bidang teknologi informasi yang sudah dimiliki oleh peserta harus mendapat pengakuan otentik berupa sertifikat kompetensi, dengan sertifikasi tersebut peserta akan dapat berkontribusi dalam peningkatan pengakuan kompetensi dan membantu daya saing di dunia kerja. Untuk itu diharapkan kegiatan ini mampu mewujudkan SDM angkatan kerja muda bidang teknologi informasi yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki sertifikat yang memenuhi standar sehingga mampu dimanfaatkan untuk bersaing dalam dunia kerja.

Selanjutnya Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA. dalam sambutannya menyampaikan paparan tentang dunia ketenagakerjaan bidang ICT. Pemberlakuan Masyarakat ekonomi Asean (MEA) membuka kesempatan bagi tenaga kerja sekaligus memunculkan resiko jika tenaga kerja tidak memiliki kesiapan untuk bersaing.Indonesia harus melihat MEA sebagai peluang yang terbuka untuk memperbaiki kualitas SDM. Kementerian Kominfo mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM yang sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan ketrampilan tenaga kerja. Kegiatan sertifikasi ini merupakan implementasi dari kebijakan tersebut.

Seusai memberikan sambutan, beliau berkenan untuk membuka kegiatan secara resmi sekaligus menyematkan tanda peserta secara simbolis.

Atas kerjasama yang baik antara BPSDMP Jakarta dan LSP TIK Indonesia, serta didukung oleh semua pihak yang terlibat, termasuk kesiapan peserta, maka kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dengan hasil yang baik.


Tim LSP TIK Indonesia: Sherly Febriani, Anang Kukuh Adisusilo, Noven Indra Prasetyo, Rachmaniar Myrianda Dwiputri, Noor Arief, Slamet Budiprayitno, Muh Kausar Maulana. 90%
(ES)

Kembali