SERTIFIKASI ANGKATAN KERJA MUDA DI KABUPATEN BIAK NUMFOR, PAPUA

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Pada tanggal 18 – 20 September 2018 Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Makassar menyelenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG TIK UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan LSP TIK Indonesia.

Acara Pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 18 pagi dihadiri sejumlah pejabat pemerintah pusat maupun daerah. Diantaranya adalah Sekretaris Daerah Biak Numfor Bpk. Markus Oktovianus Mansnembra, SH. MM. Kapal Dinas Kominfo Kab. Biak Numfor, Salon Yensenem, Kadis Kominfo Papua yang diwakili oleh Kasi Tata Kelola E-Gov. Ibu Irma Riyani Soelaiman, Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar yang diwakili oleh KaBid Pengembangan SDM Drs. Syarifuddin Akbar, M.Si. dan Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA., MBA.,
Acara dimulai dengan laporan panitia penyelenggara, yang menyampaikan tentang tujuan kegiatan, yaitu untuk meningkatakan kompetensi melalui uji kompetensi SDM bidang Informatika di dunia industry pada khususnya dan bersaing di dunia internasional. Peserta yang mendapat rekomendasi kompeten akan mendapat Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Proffesi (BNSP). Pelaksana kegiatan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK Indonesia). Adapun pesertanya sebanyak 70 orang berasal dari berbagai sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi di Kabupaten Biak Numfor.

KaBid Pengembangan SDM Drs. Syarifuddin Akbar, M.Si. yang dalam acara pembukaan mewakili Kepala BBPSDMP Makassar menyampaikan bahwa ditujuknya Kota Biak merupakan wujud kerjasama yang telah terjalin sebelumnya. Perubahan menunutut teknologi menuntut kompetensi SDM dalam persaingan yang semakin ketat. Kompetisi tidak dapat dielakkan akibat diberlakukannya Masyarakat Ekomi Asean. Untuk memenangkan maka dituntut kompetensi tenaga kerja Indonesia. Kementerian Kominfo menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan prioritas konkrit sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah untuk mencerdaskan bangsa yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ketrampilan, Pengetahuan, dan sikap kerja SDM Indonesia dibutuhkan untuk menerobos peluang-peluang kerja.
Sekretaris Daerah Biak Numfor Bpk. Markus Oktovianus Mansnembra, SH. MM. yang mewakili Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. Paparan beliau menyebutkan bahwa perkembangan teknologi semakin meluas  di seluruh dunia. Teknologi informasi saat ini sudah dimanfaatkan di berbagai bidang, baik bisnis, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya. Beliau menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini BBPSDMP Makassar. Potensi unggulan kabupaten Biak Numffor adalah sektor pariwisata dan perikanan. Melalui fasilitas media informasi diharapkan peserta memiliki kompetensi cukup untuk mempromosikan Kabupaten Biak Numfor. Diharapkan peserta ini dapat memanfaatkan kegiatan secara maksimal. Pemda akan memantau para peserta yang berprestasi sehingga dapat diberikan peluang-peluang seusai kegiatan.
Setelah memberikan sambutan beliau membuka kegiatan dengan mempercayakan kepada Kabid Pengembangan SDM BBPSDMP Makassar, Direktur LSP TIK Indonesia, dan Kepala Dinas Kominfo Biak untuk memukul Tifa tanda dibukanya kegiatan secara resmi. Selanjutnya dilakukan pengalungan tanda peserta secara simbolis.

Skema Sertifikasi yang diujikan dalam kegiatan ini adalah Junior Programming, Database Programming, Digital Imaging, Practical Office Advance, Help Desk, Junior Technical Support, dan Junior Networking.


Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Andrew Febrianto, Deval Agrifarman, Yusriel Ardian, Firman Ardiansyah. 59%
(ES)

Kembali