SERTIFIKASI ANGKATAN KERJA MUDA DI KABUPATEN WAKATOBI, SULAWESI TENGGARA

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia  

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Makassar menyelenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG TIK UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang berlangsung pada tangal 5 – 7 September 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Patuno Wakatobi yang diikuti peserta sebanyak 70 orang berasal dari berbagai sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi di Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Acara Pembukaan kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Diantaranya adalah Ir. Ruslan Harun, MM (Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar), H Kamalu Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Wakatobi, DR. Suruddin, S.Pd. M.Pd. Kepala DInas Kominfo Kab. Wakatobi, Bp. Budiman (Dinas Kominffo Provinsi Sultra). Drs. H. La Ode Boa, M.Si. (Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kab. Wakatobi), dan  Ir. Adriaan S. Nafarin, MBA,  (Ketua Dewan Pengarah LSP TIK Indonesia).

Acara diawali dengan laporan panitia penyelenggara, yang menyampaikan tentang tujuan kegiatan, yaitu untuk meningkatakan kompetensi melalui uji kompetensi SDM bidang Informatika di dunia industry pada khususnya dan bersaing di dunia internasional. Peserta yang mendapat rekomendasi kompeten akan mendapat Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Proffesi (BNSP). Pelaksana kegiatan adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK Indonesia).

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra (Asisten 1) Sekda Kab. Wakatobi, H Kamalu membacakan sambutan mewakili Bupati Wakatobi dan dilanjutkan dengan membuka acara secara resmi. Dalam sambutan Bupati, dipaparkan tentang pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memanfaatkan peluang-peluang yang tersedia. Wakatobi adalah salah satu KSPN yang ditetapkan pemerintah. Kedepan tentu akan dibanjiri wisatawan yang akan membawa investor dan menyerap tenaga kerja.

Kepala BBPSDMP Makassar dalam sambutan pengarahan peserta memaparkan tentang pengembangan SDM Kominfo, pemahaman tentang SKKNI, serta contoh-contoh keberhasilan para teknopreneur yang berhasil mengembangkan usaha menjadi berskala internasional melalui media digital. Kegiatan sertifikasi ini dimaksudkan untuk memberikan bekal Angkatan Kerja Muda Muda untuk memasuki persaingan kerja. Beliau berharap peserta yang berhasil meraih predikat kompeten dapat membuka lapangan-lapangan kerja baru yang terkait dengan bidang Komunikasi dan Informatika.

Selanjjutnya, Bp. Syarifudin Akbar selaku Kepala Bidang Pengembangan SDM di BBPSDMP Makassar memaparkan tentang pentingnya sertifikat kompetensi dalam era persaingan saat ini. Serta tidak kalah pentingnya juga diharapkan Pemerintah Kabupaten Wakatobi dapat memberdayakan para peserta yang memiliki kompetensi.

Kepala DInas Kominfo Kab. Wakatobi, DR. Suruddin, S.Pd. memberikan motivasi pada para peserta untuk bersunggguh-sngguh mengikuti kegiatan ini, mengingat manfaat kegiatan ini cukup besar bagi angkatan kerja muda yang akan terlibat dalam industry. Beliau memaparkan tentang Wakatobi yang merupakan kabupaten maritim sejahtera dan berdaya saing, dan strategi untuk mencapai kesejahteraan berdasarkan nilai-nilai agama.

Dalam diskusi panel yang dibawakan oleh Bp. Budiman (Dinas Kominfo Provinsi Sultra), dan Drs. H. La Ode Boa, M.Si. (Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Kab. Wakatobi) diserap berbagai aspirasi  dan saran peserta untuk memajukan Kabiupaten Wakatobi.
Skema Sertifikasi yang diujikan dalam kegiatan ini adalah Junior Programming, Database Programming, Digital Imaging, Practical Office Advance, Help Desk, Junior Technical Support, dan Junior Networking.

Tim LSP TIK Indonesia: Adriaan S. Nafarin, Edwin Surjosaptanto, Deval Agrifarman, Adrianto Sugiarto Wiyono, Sherly Febriani, Firman Ardiansyah. 55%.
(ES)

Kembali