PROF. HENRY SUBIAKTO MEMBERIKAN PEMBAKALAN DALAM SERTIFIKASI SKKNI KOTA MOJOKERTO

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia  

Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani, SE., MM.

Provinsi Jawa Timur yang menjadi wilayah kerja Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo Surabaya menjadi tempat diselenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BAGI ANGKATAN KERJA MUDA . Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 29 – 31 Agustus 2018 di Hotel Pantai Ayola Sunrise Hotel, Mojokerto.

Kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan SDM di Provinsi Jawa Timut secara resmi oleh, Ibu EkaHandayani, SE., MM.. Acara pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si. (Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum), Ibu Eka Handayani, SE., MM, (Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya), Aryo Nugroho (Praktisi/Akademisi Informatika - Co-Founder Komunitas Catfiz) dan LSP TIK Indonesia.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Menteri Kominfo, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto, S.H., M.Si. selain menyampaikan tentang kebijakan pemerintah, juga menjelaskan pentingnya informatika dalam pekerjaan sehari-hari. Dengan sertifikasi, peserta akan diakui memiliki kompetensi memenuhi syarat standar nasional Indonesia. Ijazah adalah pengakuan formal atas pendidikan, sedangkan keahliaannya harus dibuktikan dengan sertiffikat kompetensi.
Dalam sesi paparan khusus untuk memotivasi angkatan kerja muda peserta kegiatan, Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto dipaparkan tentang Revolusi Industry 4.0 atau revolusi teknologi digital dimana antar interface dapat saling berinteraksi (Industrial Internet of Things). Dalam paparanya juga disampaikan tentang teknologi terbaru cloud computing, mobile devices, IoT Plattforms, location detection technologies, advanced human-machine interfaces, augmented reality, big data analytics, smart sensors, 3D printing, dan automation machine.

Jumlah peserta sebanyak 70 orang berasal dari berbagai sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi di Kabupaten Mojokerta dan sekitarnya. Peserta memilih skema sertifikasi bidang informatika sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya. Skema yang tersedia diantaranya adalah Junior Programming, Database Programming, Junior Networking, Junior Technical Support, Practical Office Advanced, Help Desk, dan Digital Imaging.

Pada hari pertama, peserta mengikuti bimtek dan selanjutnya dikelompokkan dalam forum diskusi tentang skema-skema sertifikasi bidang informatika. Pada hari kedua dilakukan uji demonstrasi dan wawancara. Sedangkan pada hari ketiga masing-masing peserta akan menerima pemberitahuan hasil rekomendasi.



Tim LSP TIK Indonesia: Budi Djoko Chrismanto, Aryo Nugroho, Natalia Damastuti, Fachrul Kurniawan, Tri Septianto, Nestia Febriani. 82.3%
(ES)


Kembali