PUSBANG LITPROF KOMUNIKASI DI KOTA SERPONG

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   Komunikasi   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Serpong terpilih menjadi kota pertama dalam penyelenggaraan sertifikasi bidang Komunikasi oleh Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi Kementerian Kominfo, tanggal 9 –11 Agustus 2018. Kegiatan yang berjudul SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG KOMUNIKASI UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA. Pelaksanaannya dilakukan di Atria Gading, Kota Serpong.

Ketua Panitia Penyelenggara, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA yang juga adalah Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi melaporkan bahwa kegiatan ini untuk mendukung percepatan program nasional sertifikasi kompetensi dengan tujuan untuk membantu angkatan kerja muda yang telah berusia antara 19-29 tahun dan belum memiliki pekerjaan tetap, untuk medapatkan sertifikat kompetensi.

Target peserta adalah lulusan SMK, D1, D2, D3, dan S1 yang memiliki rata-rata nilai akademik baik (diatas 7) atau mahasiswa/lulusan perguruan tinggi IT dengan IPK minimal 3. Jumlah total sebanyak 76 orang. Pilihan skema yang disediakan oleh pelaksana kegiatan adalah, Junior Multimedia, Video Editing, Digital Imaging, Grafika Komunikasi, Graphic Design, Copywriting, Infographic, Photography, Journalism Photography, dan Modelling Photography.

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dr. Basuki Yusuf Iskandar, MA. dalam sambutan pembukaan memaparkan bahwa globalisasi menimbulkan dampak ganda, yaitu membuka kesempatan kerja bagi SDM professional, namun juga bisa menjadi tantangan bagi tenaga kerja di Indonesia.  Arus pertukaran manusia, barang dan jasa, modal dan investasi, serta informasi menjadi semakin deras seiring dengan diberkakukannya MEA atau perjanjian antar negara yang lain.

Era Indutri 4.0 ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahuan yang melekat pada SDM. Adanya SKKNi mendorong peningkatan kredibilitas, melindungi tenga kerja Indonesia, mempermudah jenjang karir, dan memperluas kesempatan kerja.

Seusai memberikan sambutan, Kepala Badan Litbang SDM membuka secara resmi kegiatan ini.

Pada hari pertama, LSP TIK Indonesia selaku pelaksana kegiatan  memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan diskusi kelompok serta pendalaman materi secara mandiri untuk memastikan kesiapan dalam mengikuti proses uji kompetensi. Pada hari kedua dilaksanakan uji praktek/demonstrasi untuk melihat aspek ketrampilan masing-masing individu. Pada hari terakhir dilakukan wawancara untukm memastikan penguasaan aspek pengetahuan. Sekaligus juga pada hari ketiga peserta menerima keputusan berupa rekomendasi hasil.


Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Ika Anggraeni, Dwi Christanto, Mahendra, Andi Rachman, Noven Indra Prasetya, Indah Nofri. 78%
(ES)

Kembali