SERTIFIKASI DI KOTA BATAM UNTUK BIDANG INFORMATIKA - BBPSDMP MEDAN

Tag: Angkatan Kerja Muda   Informatika   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Perguruan Tinggi   Politeknik   Sekolah Tinggi   Sertifikasi   SMK  

Pada tanggal 9 –11 Agustus 2018 Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan menyelenggarakan SERTIFIKASI KOMPETENSI BERBASIS SKKNI BIDANG KOMUNIKASI UNTUK ANGKATAN KERJA MUDA. Pelaksanaannya dilakukan di Hotel Swiss Inn, Kota Batam.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. memberikan arahan pada seluruh peserta sekaligus memberi motivasi sehingga peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan. Baliau memaparkan tentang Revolusi Industri 4.0 yang merupakan hasil dari percepatan kemajuan teknologi yang inovatif. Kita harus membuat pilihan dan berkontribusi sebagai warga Negara untuk merancang sistem baru yang bermanfaat bagi manusia. Kehadiran Revolusi industry 4.0 menanti kehadiran kita untuk ikut didalamnya atau kita ditinggalkan. Daya saing yang tinggi adalah kunci mencapai kemajuan dan kemakmuran bangsa. Untuk itu Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas SDM bidang TIK diantaranya penyusunan Peta Okupasi bidang TIK dan pemberlakuan Permenkominfo No.24 tahun 2015 tentang pemberlakuan SKKNI bidang Kominfo.

Selanjutnya Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Bp. Salim S.Sos., M.Si. yang mewakili Walikota Batam menyampaikan dengan kegiatan seperti ini dapat memberikan peluang bagi angkatan kerja muda di Kota Batam menghadapi tantangan masa depan. Sebagai kota yang berbatasan dengan negara lain, jangan sampai secara ekonomi “terjajah” oleh tenaga kerja asing. Ijazah tidak cukup saat ini, dibutuhkan sertifikasi di berbagai bidang. Pemerintah kota Batam untuk seleksi untuk tenaga tertentu sudah mulai mensyaratkan sertifikasi. Sertifikasi dapat menjadi acuan dalam penggajian atau kompensasi. Kedepannya akan diterapkan sertifikasi kompetensi di Kota Batam.

Seusai memberikan sambutan, Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Bp. Salim S.Sos., M.Si. membuka secara resmi kegiatan ini. Selanjutnya dengan didampingi Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si. keduanya menyematkan tanda peserta pada perwakilan peserta.

Enampuluh orang peserta hasil seleksi berasal dari berbagai sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi di Kota Batam dan sekitarnya. LSP TIK Indonesia sebagai pelaksana kegiatan memberikan kebebasan bagi masing-masing peserta untuk memilih skema sertifikasi bidang informatika sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya. Skema yang tersedia diantaranya adalah Junior Programming, Database Programming, Junior Networking, Junior Technical Support, Practical Office Advanced, Help Desk, dan Digital Imaging.

Adanya forum diskusi tentang skema-skema sertifikasi bidang informatika sangat membantu peserta dalam memahami materi-materi, sehingga uji demonstrasi dan wawancara yang dilakukan pada hari selanjutnya dapat berhasil dengan baik. Hasil rekomendasi peserta secara keseluruhan adalah 96% peserta memperolah rekomendasi Kompeten.

Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Soetarmo, Aryo Nugroho, Galih Laksono, Deval Agrifarman. Fachri Yanuar, Suprayogo Nurdiansyah. 96%
(ES)

Kembali