BBPSDMP MEDAN SELENGGARAKAN BIMTEK DAN SERTIFIKASI DI TEBING TINGGI, SUMUT

Tag: Angkatan Kerja Muda   Kementerian Kominfo   LSP - TIK Indonesia   Sertifikasi  

Pada tanggal 9-13 April 2019 BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan kegiatan Bimtek dan Fasilitasi Sertifikasi Berbasis SKKNI Bagi Angkatan Kerja Muda tahun anggaran 2019, untuk wilayah Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung di Hotel Malibou Tebing Tinggi.  Acara pembukaan dibuka dengan laporan Kabid Pengembangan SDM Kominfo, BBPSDMP Kominfo Medan, Abdul Rahman, S.Sos, MSi, dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto M.Si.
Kepala BBPSDMP Kominfo Medan selain memberikan motivasi bagi peserta, juga menyampaikan arahan pada peserta terkait kegiatan tersebut, sekaligus memberikan gambaran tentang tantangan serta peluang angkatan kerja muda, serta kebijakan-kebijakan dan upaya Kementerian Kominfo mendorong peningkatan kualitas angkatan kerja muda.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Tebing Tinggi, H Kamlan Mursid. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya peningkatan keakuratan dan kecepatan pelayanan pada masyarakat dalam pendekatan e-government maupun open government. Beliau menyambut kegiatan ini dengan sangat baik karena kegiatan bimtek dan sertifikasi SKKNI ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah kota dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang siap dan terampil dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Hadir pula dalam acara tersebut Direktur LSP TIK Indonesia, Ir. Edwin Surjosaptanto, BBA, MBA; Pejabat BBPSDMP Kominfo Medan, Pejabat Dinas Kominfo Kota Tebing Tinggi, dan Para Instruktur dari Politeknik Negeri Medan dan Universitas Sumatera Utara.

Sebelum masuk dalam kegiatan utama Bimtek dan Sertifikasi, Direktur LSP TIK Indonesia memberikan paparan tentang Pentingnya Sertifikasi kompetensi dalam era revolusi industry 4.0. Dalam paparannya peserta diberikan pemahaman tentang Sistem Sertifikasi Nasional, Standar Kompetensi dan SKKNI, Serta gambaran proses uji kompetensi sehingga peserta lebih siap dalam mengikuti kegiatan.

Bimtek dan Fasilitasi tersebut, diikuti oleh 60 orang peserta yang berlatar belakang pendidikan SMK, D1, D2, dan D3 bidang Informatika. Peserta berasal dari Kota Tebing Tinggi dan kota/kabupaten lain di sekitarnya. Bimtek dilaksanakan pada tanggal 9-11 April dengan materi pembelajaran dipandu oleh instruktur perguruan tinggi, dengan acuan pembelajaran menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Uji Kompetensi oleh LSP TIK Indonesia dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 April 2019 dengan Skema Sertifikasi Junior Programming, Junior Networking, Desain Grafis, dan Junior Technical Support.

Sebelum pelaksanaan uji kompetensi, peserta wajib mengikuti Pra asesmen untuk memastikan bahwa peserta memahami materi uji dan siap untuk diuji. Dalam pelaksanaan uji kompetensi seluruh peserta wajib hadir dan mengikuti seluruh sesi yang telah dijadwalkan. Adapun hasil rekomendasi kompeten/belum kompeten disampaikan secara langsung pada peserta di sesi akhir setelah pemeriksaan bukti-bukti hasil pekerjaan dan tanya jawab.

Seluruh kegiatan berakhir pada tanggal 13 April dan ditutup secara resmi oleh Kepala BBPSDMP Kominfo Medan.

LSP TIK INDONESIA: Edwin Surjosaptanto, Deval Agrifarman, Yusriel Ardian, Firman Ardiansyah, Galih Laksono, Asri Manggalawati (59.JN9-17.JP1-1.JTS11-7, GD9-4.51)
 

Kembali