SERTIFIKASI BIDANG KOMUNIKASI - ANIMASI DI SEMARANG

Tag:  

Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Badan Litbang SDM - Kementerian Kominfo menyelenggarakan Sertiikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Komunikasi Untuk Angkatan Kerja Muda di Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 24-26 September 2018.

Acara pembukaan kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat Kementerian Kominfo, Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Direktur dan para Asesor LSP TIK Indonesia, serta para Narasumber kegiatan.

Acara pembukaan kegiatan diawali dengan Laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Anny Triana, ST., M.Sc. yang menyampaikan program kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu angkatan kerja muda, khususnya lulusan diploma dan S1 bidang Komunikasi dalam memperoleh sertiikat kompetensi.

Tujuan kegiatan adalah membantu angkatan kerja muda, dalam memperoleh sertifikat keahlian. Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terwujudnya SDM angkatan kerja muda bidang Kominfo yang behasil meraih sertifikat kompetensi yang dapat dimanffaatkan untuk mencari atau membuka lapangan kerja.

Pilihan skema sertifikasi dalam kegiatan ini adalah: (1) Asset Modelling, (2) Motion Fraphi 2D, (3) 3D Illustration Artist, (4) 3D Animation, (5) Motion Graphi 3D, (6) 3D Charater Design, (7) Technical 2D Layout Artist, (8) Technical 3D Low Poly Model Artist, (9) Tehnical Motion Graphic Artist, (10) Technical 3D Illustration Artist. .
Kegiatan sertifikasi ini diikuti oleh 76 orang peserta dengan kualifikasi minimal D3, D4, atau S1 bidang animasi, dari Jawa Tengah.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, yang dibacakan oleh Kasi Produktiitas Dra. Pri Maryati. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa dalam era persaingan ekonomi saat ini asset terpenting adalah SDM yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi, untuk mendukung industry. Disnakertrans Jateng sangat mendukung kegiatan sertifikasi ini untuk memunculkan tenaga kerja kompeten sesuai bidang keahliannya.

Prof. Dr. Gati Gayatri, MA yang mewakili Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kominfo memberikan arahan pada seluruh peserta sekaligus memberi motivasi sehingga peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan. Infformasi yang disampaikan terkait dengan kebijakan-kebijakan nasional dan pemerintah dalam sertiffikasi nasional. Kebijakan nasional pembangunan jangka menengah sudah digariskan bahwa pemerintah harus menyiapkan SDM yang berkualitas untuk membawa pembangunan ke arah yang lebih maju sehingga Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar global.

Banyak profesi-profesi baru yang menuntut SDM menyesuaikan dengan perubahan teknologi. Sertifikasi penting untuk menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas. Standar yang dipakai adalah SKKNI Liberalisasi perdagangan global menuntut Indonesia mempersiapkan SDM. Tantangan revolusi industry generasi ke-empat menuntut teamwork yang solid, fleksibilitas, keahlian komunikasi untuk menyampaikan inovasi dan gagasan. Profesi-profesi yang sesuai adalah yang berbasis IT, Internet of Things, Robotics, dan Artificial Intelligence.

Mutual Recognition Agreement Negara-negara ASEAN memasukkan delapan sektor proritas; Kesehatan, Pariwisata, Telekomunikasi, Logistik, Engineering, Arsitek, Land Surveying, dan Akuntan. SKKNI bidang bidang tersebut akan disetarakan sehingga tenaga kerja ASEAN dapat saling bertukar tenaga kerja kompeten. Untuk Bidang ICT ada 7 Bidang keahlian yaitu Software Development, ICT Project Management, Enterprise Architecture Design, Web Programming, System Administration, Netwok Security, dan Mobile Computing.

Beliau menjelaskan kebijakan Kementerian Kominfo, membantu angkatan kerja muda mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja dan wirausaha yang berhasil. Salah satunya adalah program pengembagan E-Commerce di Indonesia. SDM Indonesia harus merebut dominasi lahan industry bidang Komunikasi dan Informatika. Komi.nfo memiliki Program mewujudkan 1000 startup untuk mewujudkan Unicorn usaha digital.

Selain itu Kementerian Kominfo memiliki program baru Digital Talent Scholarship yang memberikan beasiswa bagi pemilik bakat-bakat digital. Peserta yang lulus seleksi akan mendapat pelatihan khusus di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Setelah memberikan sambutan, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA membuka secara resmi kegiatan Sertiikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Komunikasi Untuk Angkatan Kerja Muda di Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya narasumber entrepreneur, Adityo Baharmoko (Managing Director Ark Animasi, Semarang) menyampaikan tentang pengalaman dan strategi beliau di dunia animasi untuk memotivasi peserta mengembangkan diri dan memiliki usaha mandiri bidang animasi.

Tim LSP TIK Indonesia: Edwin Surjosaptanto, Ika Anggraeni, Aris Prasetyo, Maulana Rizki, Saiful Yahya, Riza Habibi, Suprayogo. 70%
(ES)

Kembali